Festival Komunitas Promosikan Pariwisata Jakarta

Kompas.com - 01/12/2013, 10:52 WIB
Komunitas Sepeda Ontel di Festival Komunitas Jakarta di Melawai, Blok M, Jakarta, Sabtu (30/11/2013) Festival yang diikuti sekitar 16 komunitas anak muda ibu kota ini akan berlangsung pada 30 November hingga 1 Desember 2013. KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARIKomunitas Sepeda Ontel di Festival Komunitas Jakarta di Melawai, Blok M, Jakarta, Sabtu (30/11/2013) Festival yang diikuti sekitar 16 komunitas anak muda ibu kota ini akan berlangsung pada 30 November hingga 1 Desember 2013.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Wilayah Melawai di Blok M adalah salah satu pusat kota di Jakarta yang menjadi lokasi favorit para pemuda berkumpul. Mereka tergabung dalam berbagai komunitas. Untuk mewadahi atraksi komunitas pemuda tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menggelar Festival Komunitas Jakarta.

Festival ini diadakan di Selasar Blok M Square atau yang juga terkenal dengan wilayah Melawai. Ajang yang diisi oleh sekitar 16 komunitas pemuda di Jakarta ini berlangsung pada 30 November dan 1 Desember 2013.

"Berbagai komunitas ini ada di Jakarta dan tumbuh. Ini menjadi upaya Pemerintah Daerah untuk membina mereka. Komunitas tersebut menimbulkan kekhasan masing-masing. Mereka juga menjadi potensi budaya dan mempromosikan pariwisata Jakarta," ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, DKI Jakarta, Ahmad Gozali  dalam jumpa pers pembukaan Festival Komunitas Jakarta di Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Dipilihnya lokasi Melawai, tutur Gozali, adalah karena wilayah ini dianggap sebagai tempat berkumpulnya komunitas budaya masyarakat. "Ini destinasi pertemuan tempat 'nongkrong' anak muda," ucapnya.

Komunitas yang ditampilkan, di antaranya Komunitas Hong, komunitas sepeda ontel, komunitas pantomim, komunitas batik betawi, komunitas sulap, komunitas jugling bartender, komunitas breakdance, skateboard, mural, sepeda bmx, angklung, dan banyak lagi.

"Ada komunitas Hong, ternyata ini pengerjaannya kepada pemerhati mengembangkan permainan tradisional. Komunitas bartender, memainkan botol ada unsur seni di situ," ujar Tokoh Senior Komunitas, Nendra Wd, pada kesempatan yang sama.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Komunitas Sepeda BMX Festival Komunitas Jakarta di Melawai, Blok M, Jakarta, Sabtu (30/11/2013). Festival yang diikuti sekitar 16 komunitas anak muda ibu kota ini akan berlangsung pada 30 November hingga 1 Desember 2013.
Selain menampilkan komunitas, dalam festival ini juga digelar atraksi dan workshop, seperti pembuatan ondel-ondel dan membatik. Pun dihadirkan bazaar kuliner betawi, aksesoris dan kerajinan serta panggung hibutan.

Komunitas yang ada di Jakarta, kata Gozali, dinilai sebagai salah satu industri kreatif yang ada di masyarakat. Karena itu salah satu tujuan diadakannya festival ini adalah untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Jakarta ke mancanegara melalui kreatifitas anak muda komunitas tersebut.

"Kita berharap ini bisa jadi agenda tahunan sehingga gairah komunitas untuk membangun budaya dan wisata Jakarta makin berkembang," kata Gozali.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X