Kompas.com - 03/12/2013, 11:19 WIB
Warga menyelesaikan pembuatan noken (tas dari Papua) dari tali sagu di Sanggar Kelompok Gescu Cepes, Kampung Jasiw, Distrik Atsy, Kabupaten Asmat, Papua, Minggu (18/8/2013). Hasil kerajinan anyaman khas Asmat itu dijual Rp 500.000 per tas.  KOMPAS/WISNU WIDIANTOROWarga menyelesaikan pembuatan noken (tas dari Papua) dari tali sagu di Sanggar Kelompok Gescu Cepes, Kampung Jasiw, Distrik Atsy, Kabupaten Asmat, Papua, Minggu (18/8/2013). Hasil kerajinan anyaman khas Asmat itu dijual Rp 500.000 per tas.
EditorI Made Asdhiana
JAYAPURA, KOMPAS.com - Festival noken pertama Papua digelar, Selasa (3/12/2013) selama dua hari di auditorium Universitas Cenderawasih.

Ketua panitia pelaksana, Thedy Pekey di Jayapura mengatakan tema acara tersebut adalah "Gerakan Cinta Noken Papua Warisan Budaya Dunia". "Acara ini bertujuan untuk peningkatan pengetahuan noken sebagai warisan budaya Papua menjadi warisan dunia," katanya.

Selain itu, menurut Thedy, tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan arti pentingnya Noken Papua. "Dan peningkatan pengetahuan tentang pentingnya pelestarian noken untuk generasi selanjutnya," katanya.

Festival noken akan diisi dengan seminar, pameran noken dari berbagai daerah di Papua, pentas budaya, festival musik reggae dan terakhir merajut noken.

"Kami berharap dengan adanya festival noken pertama ini, pemerintah pusat dan daerah lebih intens memperhatikan pelestarian noken, dan bagaimana masyarakat lokal, nasional dan internasional tahu tentang tas tradisional asal Papua," katanya.

Selain itu, lanjut Thedy, akan ada materi disampaikan dalam seminar festival noken diantaranya, "Peran Pemerintah dalam Menjaga Noken sebagai Warisan Budaya Papua", "Peran dan Fungsi Orang Papua dalam Melestarikan dan Meningkatkan Noken" serta "Peran Para Akademisi dalam Mempersiapkan Generasi untuk Melestarikan Budaya Noken".

"Kami juga mengimbau kepada para tamu undangan ataupun warga masyarakat yang hadir untuk memakai noken saat festival berlangsung. Tamu yang hadir kira-kira 1.000-an orang," kata Thedy Pekey.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.