Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata dan MICE Berkembang Pesat

Kompas.com - 05/12/2013, 16:04 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan berkembangnya pariwisata, sektor MICE (meeting, incentive, convention, exibition) juga kian bertumbuh. Ketua Umum DPP Indonesia Congress and Convention Association (INCCA), Iqbal Alan Abdullah mengatakan, MICE dan pariwisata memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang di kemudian hari.

"Tourism dan MICE menciptakan peningkatan PDB di dunia. Saat sektor lain menurun, justru MICE dan travel mengalami pertumbuhan. Pada 2012 tercatat 5 persen dan 2013 diprediksi bertumbuh 6 sampai 7 persen," kata Iqbal dalam acara Indonesia MICE Outlook ke-6 di Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Lebih lanjut, dia mengatakan, berkat pariwisata dan MICE juga banyak lapangan kerja tercipta. Satu dari lapangan pekerjaan di dunia ada di bidang pariwisata.

Dengan pertumbuhan industri pariwisata dan MICE tersebut, diselenggarakanlah Indonesia MICE Outlook ke-6. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Majalah Venue dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif digelar pada 5 dan 6 Desember 2013 di Upper Room, Annex Building, Jakarta.

POS BELITUNG/EDHIE Rangkaian acara kedatangan wisatawan mancanegara yang menggunakan kapal Clipper Odyssey di Belitung, Bangka Belitung, Jumat (18/1/2013). Kapal berlabuh di dermaga Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. Para wisatawan disambut Bupati Belitung, Darmansyah Husein kemudian mengunjungi rumah dinas bupati, rumah adat Belitung, serta pantai wisata Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang. Sebelumnya, para wisatawan disuguhkan tarian tradisional Belitung berupa barongsai, kuda lumping, tari selamat datang, Buang Jong, dan tari Balitung.
"Masih belum banyak masyarakat umum mengenal MICE. Dengan MICE Outlook ini kita harap MICE lebih tersosialisasi bagaimana industri ini punya efek berganda yang dapat mengembangkan sektor-sektor lain," ujar Direktur Promosi Konvensi, Insentif, Event dan Minat Khusus Kemenparekraf, Rizki Handayani.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 300 peserta yang terdiri dari profesional conference organizer (PCO), profesional exhibition organizer (PEO), industri hotel, asosiasi, badan promosi pariwisata daerah dan instansi pemerintah. Rangkaian acara berupa panel seminar, pemberian penghargaan bagi pelaku industri MICE, dan pameran MICE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com