Ini Lho Destinasi Menarik di Kota Sumbawa Besar...

Kompas.com - 09/12/2013, 16:35 WIB
Istana Dalam Loka di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. BARRY KUSUMAIstana Dalam Loka di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Berwisata ke destinasi Timur Indonesia memang menyenangkan. Biasanya banyak orang mulai traveling dari Bali setelah itu lanjut ke Lombok dan melewati Kota Sumbawa Besar. Sumbawa Besar adalah ibu kota Kabupaten Sumbawa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ternyata di Sumbawa Besar banyak sekali obyek wisata yang sarat dengan nilai sejarah, dan kaya arsitektur. Tidak hanya itu, keindahan alamnya juga memukau karena di Sumbawa Besar banyak pulau-pulau kecil yang indah. Pulau yang paling terkenal memang Pulau Moyo. Berikut adalah destinasi wisata terbaik di Sumbawa Besar yang bisa Anda kunjungi.

1. Istana Tua Dalam Loka

Istana Tua Dalam Loka terlihat sangat megah dan istana ini didirikan pada tahun 1885 dan tercatat sebagai rumah panggung terbesar di dunia. Terletak di jantung kota Sumbawa Besar sehingga tidak susah untuk menuju ke sana.

Istana ini memiliki luas bangunan 904 meter persegi dan pantas tercatat sebagai salah satu rumah panggung terbesar di dunia. Istana Tua Dalam Loka dibangun pada era Sultan Muhammad Syah III (1883 – 1931) yang merupakan sultan ke-16 dari Dinasti Dewa Dalam Bawa. Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III dikukuhkan sebagai penguasa Sumbawa berdasarkan Akte Pemerintah Kolonial Hindia Belanda tanggal 18 Oktober 1883. Mulai saat itulah rakyat Sumbawa merasakan penjajahan kolonial Belanda.

Yang menarik adalah bahan baku pembangunan istana sebagaian besar didatangkan dari pelosok desa di sekitar istana. Kayu jati berukuran besar berasal dari hutan jati sedangkan atapnya yang terbuat dari seng berasal dari Singapura. Bangunan istana yang kini digunakan sebagai Museum Daerah Sumbawa ini sarat akan pesan filosofis dan merupakan simbol landmark Kota Sumbawa Besar. Sayang saya lihat bangunan ini kurang terawat dan terkesan dibiarkan.

Untuk memotret istana ini saat paling tepat adalah pagi hari, karena saya kebetulan sampai pada siang hari dan mendapatkan istana ini backlight dengan sinar matahari. Esoknya saya datang pagi-pagi sekali karena cahaya yang masuk pas mengenai bangunan istana ini.

Jika Anda ingin memotret di dalam istana bawalah tripod, karena di dalam ternyata cahaya cukup gelap. Jika perlu gunakan flash untuk mengisi sudut-sudut kosong dari istana ini.

BARRY KUSUMA Wisma Praja di Kota Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.
2. Wisma Praja

Landmark lainnya dari Sumbawa Besar adalah Wisma Praja. Bangunan ini merupakan Istana Belanda pada tahun 1932, tempat kediaman terakhir Sultan Kaharuddin III. Beliau melakukan kegiatan pemerintahan di sini. Sekarang digunakan sebagai tempat penerimaan tamu–tamu agung dan kegiatan–kegiatan upacara/resepsi yang bersifat formal, serta pertemuan terkait kepemerintahan lainnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X