Kompas.com - 09/12/2013, 18:06 WIB
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Setiap menjelang Natal dan akhir tahun, Perancis menjadi cantik dengan dekorasi meriah dan gemerlap. Natal juga perupakan pestanya anak-anak bagi kebanyakan masyarakat Perancis. Anak-anak saya yang memiliki nenek-kakek, tante dan paman yang merayakan Natal, ikut kebagian heboh mendapatkan hadiah. Selagi anak-anak kami kecil, memang permintaan kado dari mereka kepada keluarga suami, selalu dituruti, karena bagi mereka, Natal adalah pestanya anak.

Kami berempat memang tak merayakan Natal, namun sebagai penghormatan kepada tradisi keluarga suami dan juga untuk menyenangkan hati orang tua Kang Dadang alias David, setiap Natal, kedua anak kami kebanjiran kado. Buat yang dewasa, sudah lama tak ada lagi kado. Saya biasanya membuat kue-kue kering ala lebaran dalam toples yang saya hias dan berikan kepada keluarga suami.

Nah, meskipun sudah jampir 14 tahun saya tinggal di Perancis, namun maraknya suasana menjelang Natal di ibu kota, Paris, belum sempat saya rasakan. Tahun ini kebetulan sekali, saya bertugas ke Paris untuk membuat beberapa liputan dan juga melengkapi beberapa informasi untuk buku kedua saya. Jadilah, kesempatan itu saya gunakan juga sebagai kesempatan melihat-melihat seperti apa sih suasana natal dan menjelang akhir tahun di Paris?

Ada dua tujuan yang saya ingin datangi, yaitu Pasar Natal di Champs Elysées dan dekorasi Natal yang selalu ditunggu oleh orang Perancis khususnya anak-anak di dua mal terkemuka di Paris, Galeries Lafayette dan Printemps.

DINI KUSMANA MASSABUAU Salah satu stan kios di Pasar Natal Champs Elysees, Paris.
Dua kali saya mendatangi Pasar Natal di kawasan Champs Elysées yang boleh dibilang sebagai ikon jalan terkenal dengan butik-butik merek terkenal, salah satunya yaitu Louis Vitton. Pertama kali saya datangi, di hari biasa, itupun sudah padat sekali.

Dan yang membuat saya kurang bisa menikmati adalah di mana banyaknya para Rumania yang mengganggu pengunjung dengan paksaan meminta uang atau pura-pura meminta tanda tangan untuk kebaikan dan berakhir dengan paksaan agresif meminta uang.

Sempat malah seorang turis mewanti-wanti saya, karena melihat saya keasyikan mengambil gambar dan tas saya takutnya jadi sasaran para pencopet. Tapi sebisa mungkin saya mencoba menikmati keramaian Pasar Natal itu.

Pasar Natal di Champs Elysées adalah dari mulai bundaran Champs Elysées hingga ke Place de la Concorde. Sekitar 180 châlets (rumah kayu khas pegunungan) berjejer sepanjang jalan itu, memberikan kesempatan kepada parisiens (penduduk Paris) dan para turis di musim dingin untuk bersama menikmati keramaian menjelang Natal dan akhir tahun.

Tadinya saya pikir, Pasar Natal di daerah ini ada karena memang pemerintah setempat yang membuatnya. Tapi ternyata, keberadaan Pasar Natal di Champs Elysées ini, berawal dari ide Marcel Campion, pria yang kini berusia 73 tahun, yang juga merupakan pengusaha dari pekan raya permainan atraksi.

DINI KUSMANA MASSABUAU Pohon Natal yang dekorasinya bertema 'il etait une fois' di Galeries Lafayette, Paris.
Dia jugalah yang mengorganisasikan setiap tahun Pasar Natal diadakan di Champs Elysées ini dan masih ada lainnya yaitu, pemilik kincir ria, raksasa, di Place de la Concorde. Karena itu, dari Pasar Natal, sebuah kincir raksasa dengan gemerlap lampunya, akan terlihat, menarik pengunjung untuk mencoba adu keberanian berada di ketinggian sambil diputar...

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.