Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Canting Hiasi Pohon Natal di Santika Jogja

Kompas.com - 10/12/2013, 17:44 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang berbeda sekaligus unik di Hotel Santika Premiere Jogja yang terletak di jantung kota Yogyakarta ini. Menjelang perayaan Natal pada Desember 2013, hotel bintang empat yang telah berusia dua dekade ini memajang dua pohon natal di area lobby Hotel dan Pandansari Restaurant.

Tidak main-main, kurang lebih 1.000 canting, 300 wajan kecil, dan 15 macam aneka motif kain batik menghiasi pohon natal yang diciptakan khusus untuk memeriahkan nuansa Natal yang lekat dengan sukacita. Sebagai hotel yang identik dengan unsur tradisional Jawa, Santika memiliki komitmen untuk mengenalkan serta melestarikan batik pada para tamu yang menginap.

Menurut Public Relation Hotel Santika Premiere Jogja, Nurul Mardhotillah, Senin (9/12/2013), ide dari kreasi pohon natal tersebut hadir dari bentuk kebanggaan Manajemen Hotel Santika Premiere Jogja kepada batik sebagai identitas bangsa Indonesia. Menurutnya, batik bukan sekadar kebutuhan berbusana saja. Dunia internasional pun telah mengakui batik sebagai warisan dan ideologi bangsa.

“Kurang lebih 1.000 canting kami susun rapi pada tiap rangka pohon natal tersebut, dengan tinggi hampir 3,5 meter, diameter 1,5 meter. Tentu saja pohon natal batik ini menjadi pusat perhatian para tamu yang datang. Bahkan tidak sedikit yang mengabadikan pohon natal unik ini sambil berpose di depannya," katanya.

Menurut Nurul, barisan wajan kecil yang biasanya dijadikan tempat mencairkan malam/lilin sebagai bagian dari proses perwarnaan pada batik turut menghiasi pohon natal tersebut. Lama pengerjaan kedua pohon natal ini cukup singkat, terhitung 12 hari semenjak pohon natal ini berdiri beberapa hari lalu.

“Biasanya pohon natal terbuat dari bahan plastik dan sejenisnya. Namun, di Hotel Santika Premiere Jogja, kami menyulap pohon natal melalui sebuah tema batik. Kami bekerja sama dengan Margaria Batik dalam pengadaan kain batik setengah jadi yang bertuliskan Sugeng Riyadi Natal & Warso Enggal 2014," ujarnya.

"Malam atau lilin yang masih melekat di kain tersebut menambah keunikan yang ada. Tidak ketinggalan pula kado-kado kecil yang kami letakkan di sekitar pohon natal batik tersebut makin menambah kemeriahan dekorasi natal kami tahun ini,” tambah Nurul.

ARSIP HOTEL SANTIKA PREMIERE JOGJA Sebanyak 1.000 canting, 300 wajan kecil, dan 15 macam aneka motif kain batik menghiasi pohon natal di Hotel Santika Premiere Jogja, Senin (9/12/2013).
Natal kali ini, F&B Hotel Santika Premiere Jogja menawarkan paket menarik. Pandansari Restaurant menyediakan paket Christmas Eve Dinner pada tanggal 24 Desember 2013 dengan set menu buffet spesial seharga Rp 135.000 per orang/nett. "Melalui perpaduan aneka menu Western dan juga kelezatan menu tradisionalnya, tema menu Natal kali ini mengusung Absolute Festive Season," kata Nurul.

Selain itu, ada pula paket Christmas Brunch Buffet dengan harga Rp 115.000 per orang/nett. “Penawaran dinner dan brunch di momen Natal kali ini berlaku mulai tanggal 24-26 Desember 2013. Bagi para tamu yang ingin mencoba paket Special Christmas Buffet Dinner, kami juga menawarkannya dengan harga Rp 135.000 per orang/nett," katanya.

Tak hanya itu, tambah Nurul, Santika Pastry & Bakery juga menawarkan berbagai Christmas Cakes, Cookies, serta Hampers khas Natal dengan harga bervariasi. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com