Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Bawaan yang Wajib Dibawa ala "Blogger"

Kompas.com - 11/12/2013, 09:01 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masing-masing orang memiliki gaya pribadi dalam liburan, termasuk dalam membawa perlengkapan. Nah, apa perlengkapan pribadi Anda yang menjadi barang wajib selama liburan?

Tiga orang blogger, yaitu Bowo dari The Travel Junkie, Ainun Chonsum dari Founder Akademi Berbagi dan Dian Noeh Abubakar dari CEO PR Firm Kennedy, Voice & Berliner, membeberkan barang bawaan wajib mereka ketika berlibur.

Ditemui dalam jumpa pers beberapa waktu lalu, ketiga orang ini dalam waktu dekat akan melancong ke Sulawesi dalam program AirAsiaGo Telusur Nusantara. Mereka akan membawa gaya liburan berbeda, yakni social traveler, sport traveler, dan adventurous traveler.

Bowo mengungkapkan, barang bawaan wajib baginya saat berlibur adalah smartphone. "Yang jelas adalah smartphone, kalau lagi bosen misalnya nunggu di bandara. Smartphone juga ringkas bisa buat foto sekalian," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, hal tak terlupa juga adalah uang tunai. "Yang terpenting yang jelas itu ya uang tunai atau entah debitcard," tambahnya.

Senada halnya dengan Bowo, Ainun juga mengungkapkan bahwa hal wajib yang harus ia bawa selagi liburan adalah smartphone. Selain untuk mengusir bosan, smartphone juga ia gunakan untuk bisa sekaligus menginfokan aktifitasnya serta mengunggah foto ke jejaring sosial. "Zaman sekarang kalau nggak twitpic kayaknya rugi banget," tuturnya.

Meski smartphone memiliki fungsi ganda untuk berfoto, Ainun mengatakan, dia juga tak lupa membawa kamera. "Kamera saya pisahin antara smartphone. Kenapa? Karena kalau smartphone tiba-tiba baterainya habis masih ada kamera. Begitu juga sebaliknya," katanya.

Setelah smartphone, peralatan wajib lain yang dibawa Ainun adalah uang tunai dan buku. "Pengalaman saya pergi ke kota-kota di luar Jawa sulit menemukan ATM. Jadi jaga-jaga bawa uang tunai secukupnya," ucapnya.

"Dan buku. Saya sering terjebak pada perjalanan yang jauh, misalnya harus naik mobil lama atau kalau sedang menunggu maka saya bawa buku," kata Ainun.

Sedangkan blogger lain yaitu Dian. Dia adalah blogger yang gemar melakukan wisata olahraga, jadi selain berwisata sekaligus berolahraga. Maka ia pun tak lupa untuk selalu membawa sepatu olahraga. "Saya sepatu olahraga pasti bawa, selain itu sunblock, smartphone, kamera dan buku," ujar Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com