Kompas.com - 11/12/2013, 18:01 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun 2014, Accor, operator hotel yang telah 20 tahun berekspansi di Indonesia semakin menyoroti pengembangan hotel skala mewah. Hal ini pun tentunya untuk menjaring tamu-tamu pada kelas atas.

VP Development Accor Indonesia Malaysia, Rio Kondo menilai, hal ini didasari potensi ekonomi Indonesia pada tahun-tahun belakangan sangat baik, pun dengan pertumbuhan kelas menengah. "Indonesia memiliki potensial ekonomi dan midscale market yang cukup baik," ujar Rio dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/12/2013).

"Selama ini kita (jaringan Accor) masuk ke segmen midscale dan ekonomi. Sekarang kita ingin lebih masuk ke level upscale dan luxury," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Accor membuka jaringan hotel pertamanya di Jakarta pada tahun 1993 dengan brand ibis berskala hotel bintang 3. Maka ke depan, Rio menjelaskan, Accor akan memantapkan pasar hotel kelas atasnya dengan mengembangkan brand seperti Sofitel, Pullman, MGallery, dan Grand Mercure Maha Cipta.

Keberadaan hotel dengan taraf mewah ini, ujar Senior Vice President untuk Accor Malaysia, Indonesia dan Singapore, Gerard Guillouet, juga untuk mengakomodasi para tamu yang datang untuk mencari kenyamanan. "Kami kuga mencukupi bagi tamu dengan tujuan wisata," ucapnya.

Membidik Indonesia Timur

Jakarta dan Bali merupakan dua kota utama pengembangan brand Accor. Meski demikian, Rio mengatakan, rencana ekspansi ke kota lain di kawasan Indonesia tengah dan timur juga sedang dilakukan. Mereka menyebutnya dengan kota second-tier.

"Peluang kita masih banyak untuk ekspansi di Indonesia barat dan tengah. Fokus kita ke Indonesia timur cukup menantang, karena tidak mudah untuk membuka di Indonesia timur," katanya.

WWW.IBIS.COM Hotel Ibis Jakarta Senen.
Hingga saat ini, lanjutnya, brand Accor di Indonesia timur baru terdapat di Sulawesi, tepatnya di Palu dan Kendari. Sedangkan kota second-tier lain yang telah dibidik brand Accor adalah Samarinda di Kalimantan, Malang di Jawa Timur dan Padang di Sumatera Barat.

Pengembangan di kota-kota ini lebih banyak untuk merek-merek hotel kelas menengah dan ekonomi. Pada saat ini, Accor mengoperasikan 62 hotel midscale dan ekonomi di Indonesia termasuk 19 hotel Novotel, 15 hotel Mercure, dan 28 brand keluarga ibis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.