Kompas.com - 13/12/2013, 15:22 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Tim Pakar Ticketing Astindo yang juga CEO Air Wisata Tours and Travel, Riswana Bachtiar mengatakan, era digital dengan adanya internet semakin memudahkan promosi pariwisata, pun dengan penjualan paket wisata yang dilakukan oleh penyedia jasa perjalanan (travel agent).

Dalam Forum Dialog Pariwisata "Diskusi Wisata Bisnis Travel di Era Digital" yang diselenggarakan di RedTop Hotel, Jakarta, Kamis (12/12/2013), dia memaparkan beberapa dampak internet bagi pelaku penyedia jasa perjalanan.

Menurutnya, internet semakin memudahkan kegiatan operasional penyedia jasa perjalanan, juga dapat menekan biaya. "Internet membuat kemudahan dan semakin murahnya modal memulai kegiatan operasional," tutur Riswana.

Selanjutnya, kemudahan juga ditemukan pada pembayaran, yakni misalnya melalui anjungan tunai mandiri (ATM), kartu kredit, atau mobile banking. Melalui internet, juga mudah menciptakan jaringan dengan dengan lebih banyak orang.

"Mudah menciptakan network misalnya dengan buat blog. Kalau habis dari suatu tempat lalu ditulis pada blog lebih banyak orang yang baca," ujarnya.

Sedangkan dari sisi destinasi wisata, Riswana mengatakan, berkat internet banyak muncul tujuan wisata baru yang akhirnya penjualan paket wisata makin beragam. "Banyak tujuan wisata baru dan rute penerbangan baru membuat penjualan paket wisata makin beragam," ucapnya.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Pengunjung berburu paket liburan yang ditawarkan agen perjalanan dan tiket murah yang ditawarkan maskapai penerbangan pada pameran tour dan travel di Senayan City, Jakarta, Kamis (18/10/2012).
Banyaknya dampak positif dari internet dalam pariwisata, jelas Riswana, hal ini akan memacu kreatifitas pelaku penyedia jasa perjalanan dalam menarik konsumen. "Kemudahan penjualan travel agent akan membuat mereka harus inovatif mempertahankan market," katanya.

Serta yang tak kalah penting, tambah Riswana, adalah mengenai perang harga yang terjadi di antara para penyedia jasa perjalanan untuk membuat paket menarik. "Perang harga itu tidak bisa dihindari sekarang," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.