Cemilan Serba Salak Khas Karangasem

Kompas.com - 15/12/2013, 10:32 WIB
Keripik Salak di Karangasem, Bali. KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI FKeripik Salak di Karangasem, Bali.
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Tak hanya pisang, beraneka buah sebenarnya bisa dijadikan keripik. Di Kabupaten Karangasem, Bali, keripik andalan daerah ini adalah keripik salak.

Ya, sentra kebun salak di Bali berada di daerah ini. Ketika salak berlimpah, salak pun diolah menjadi beragam camilan, seperti keripik.

Nyoman Suketi, salah satu produsen keripik salak di Karangasem menyebutkan dalam sebulan di saat penjualan ramai, ia bisa menjual hingga 500 bungkus keripik salak ukuran 250 gram. Harga per bungkus di kisaran Rp 22.000.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Dodol Salak di Karangasem, Bali.
Bagaimana rasanya? Rasa sepat namun selintasan manis khas salak terasa di setiap gigitannya. Garing namun irisannya tebal.

Selain keripik salak, Suketi juga memproduksi keripik nangka. Camilan unik lainnya adalah dodol salak yang dimasak selama 4 jam. Per kemasan dodol salak dijual dengan harga Rp 6.000.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Manisan Salak, oleh-oleh khas Karangasem, Bali.
Manisan salak juga menjadi camilan favorit yang dibeli turis. Rasanya manis namun tak terlalu menyengat. Ada pulai selai dari salak dan madu salak. Mau yang tak terlalu manis dan cenderung gurih? Bisa coba asinan salak.

Produk-produk ini cocok menjadi oleh-oleh khas Karangasem. Anda bisa membelinya di Toko Oleh-oleh Werdhi Guna Food yang berada Desa Sibetan. Selain berbelanja aneka camilan terbuat dari salak, pengunjung juga bisa melihat langsung proses pembuatannya.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Pembuatan Keripik Salak di Karangasem, Bali.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X