Kompas.com - 18/12/2013, 08:53 WIB
EditorI Made Asdhiana
MENCARI makanan bercita rasa Indonesia di kota Pune, India, memang perlu petualangan tersendiri. Lidah Indonesia kami sempat mengalami ”gegar rasa” saat menemukan cita rasa ”spicy” atau berbumbu rempah ala India. Untung ketemu soto madura dan nasi goreng.

Masakan India sangat berbumbu, bersantan, dan bersaus. Bahkan, untuk sekadar nasi putih—yang jarang kami temui—juga terasa spicy di lidah.

Berawal dari sulitnya menemukan makanan yang cocok di lidah, kami pun mulai mencari tahu kemungkinan adanya restoran penyedia masakan Indonesia. Dari peta wisata yang diberikan hotel tempat kami menginap, akhirnya ketemulah restoran penyaji masakan Indonesia dan Malaysia, yaitu Restoran Malaka Spice di kawasan Oxford Properties, Koregaon Park, Pune. Kota Pune atau sering juga ditulis dengan Poona terletak di Negara Bagian Maharashtra yang terletak di dataran tinggi Deccan dengan ketinggian 560 meter dari permukaan laut.

Dengan menumpang bajaj, kami pun tiba di restoran tersebut dalam waktu 20 menit. Meski singkat, detak jantung kami berpacu sangat cepat mengingat sopir bajaj berkendara dengan ekstra-ngebut. Saat kami berteriak ketakutan karena bajaj nyaris menyerempet kendaraan lain, si sopir justru tertawa kegirangan. Ia menduga kami sangat menikmati perjalanan mengebut malam itu.

Stres setelah naik bajaj yang ngebut, kami kembali bersemangat saat sampai di Malaka Spice. Restoran tersebut cukup luas, dengan lahan parkir juga lebar dan memiliki tiga area tempat duduk. Pertama, ruang makan di dalam ruangan, kedua ruang makan terbuka tanpa asap rokok, dan ketiga adalah ruang terbuka tempat pengunjung bebas merokok.

Saat membuka menu yang disediakan, kami langsung mencari menu Indonesia. Hati langsung membuncah gembira saat ada menu madurasai. Di dalam menu tersebut dijelaskan singkat bahwa madurasai adalah sejenis sup asal Pulau Madura, Indonesia. Tanpa pikir panjang, saya langsung memesan madurasai.

Teman saya dari Jakarta sebenarnya tertarik dengan mutton pepesan atau dalam bahasa Indonesia adalah pepesan. Namun, karena menyiapkannya butuh waktu cukup lama, akhirnya ia mengganti pilihan menu menjadi nasi goreng.

KOMPAS/DAHLIA IRAWATI Salah satu interior di Restoran Malaka Spice di Pune, India.
Dua pilihan menu saat itu cukup menggoda lidah kami untuk segera mencicipi masakan tersebut. Luar biasa pastinya jika bisa mencecap gurihnya soto ayam dan nasi goreng di negeri yang lebih banyak menawarkan masakan bersaus dan berempah-rempah.

Lebih kurang 15 menit, menu pilihan kami pun tersaji. Madurasai adalah soto madura ala India. Meski tidak sama seperti soto dan nasi goreng asli Indonesia, pemilik restoran setidaknya mencoba menyamakan cita rasanya.

Sensasi rasa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.