Kompas.com - 18/12/2013, 16:23 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Perum Damri Banyuwangi menyediakan bus perintis yang akan melewati daerah wisata Paltuding Gunung Ijen dan Sarongan yang berada di wilayah Banyuwangi Selatan. "Kami targetkan trayek yang akan dilewati oleh bus perintis tahun 2014 sudah bisa dijalankan. Nanti rute trayek yang disiapkan menuju Ijen berangkat dari pelabuhan Ketapang, Licin, Jambu, Paltuding Ijen dan terakhir Bondowoso," ungkap Heri Subagyo, Kepala Cabang Perum Damri Banyuwangi kepada Kompas.com, Rabu (18/12/2013).

Ia menjelaskan salah satu tujuan trayek bus perintis tersebut untuk menyentuh transportasi daerah pedesaan, karena selama tidak ada kendaraan umum yang menuju arah Bondowoso via Paltuding Ijen atau Sarongan.

"Akan ada empat armada yang kami siapkan untuk trayek Ketapang Bondowoso dan empat trayek Sarongan ke Jajag melewati kecamatan Pesanggaran. Program ini sudah disurvei sejak tahun 2012 lalu. Dan pengadaan bus ini langsung dari pusat," ungkapnya.

Nantinya, menurut Hari, bus perintis non AC yang disediakan yang berisi 24 kursi dan ditargetkan penumpang yang terisi lebih dari 20 persen. "Kami masih belum tentukan harga tiket karena masih dalam kajian dan jika nanti sudah beroperasi kami berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan," kata Hari.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M Yanuarto Bramuda kepada Kompas.com mengatakan pihaknya menyambut gembira rencana pengoperasian bus tersebut.

"Semoga saja dengan peluncuran armada perintis ini bisa menunjang pertumbuhan industri pariwisata di Banyuwangi. Apalagi melewati jalur wisata Paltuding ke Gunung Ijen dan Sarongan dengan jalur wisata pantai Pulau Merah dan Teluk Ijo. Jelas ini akan mempermudah wisatawan untuk mengakses kedua lokasi tersebut," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.