Kompas.com - 22/12/2013, 20:22 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada awal Januari 2014 akan memajang dan memamerkan 10 kereta kuda di museum yang berada di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata dan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

"Sebanyak 10 kereta yang saat ini masih diparkir di halaman balaikota akan dipajang di museum-museum dinas dan anjungan TMII. Dipakainya habis Tahun Baru 2014 nanti," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Arie Budiman di Jakarta, Jumat (20/12/2013).

Menurut Arie, Pemprov menggelontorkan dana sebesar Rp 1,3 miliar untuk membeli 10 kereta kuda tersebut yang digunakan pada Kirab Agung Keraton Sedunia pada 8 Desember lalu.

"Kereta-kereta yang saat ini masih terparkir di Balai Kota itu sudah dibeli oleh Pemprov senilai Rp 1,3 miliar. Ada 10 kereta yang dibeli dari berbagai pemilik. Untuk nama-namanya saya nggak hafal," ujarnya.

Kereta-kereta tersebut nantinya akan digunakan pada Pergelaran Agung Keraton Sedunia yang diselenggarakan setiap tahunnya. Sehingga Pemprov DKI tidak perlu mendatangkan kereta-kereta kencana itu berulang kali.

"Kereta-kereta tersebut akan digunakan pada Kirab Budaya Raja-raja dan tamunya di Pergelaran Agung Keraton Sedunia," katanya.

Pergelaran Agung Keraton Sedunia (World Royal Heritage Festival) diselenggarakan pada 5 hingga 8 Desember di Slasar Tugu Monumen Nasional (Monas). Acara tersebut memiliki berbagai rangkaian antara lain, prosesi acara pembukaan, seminar, pameran, pergelaran budaya, kirab budaya maupun gala dinner.

Kegiatan diikuti oleh 165 peserta dalam negeri yang terdiri dari kerajaan, kasunanan, kasultanan, penglisir, pemangku adat dari seluruh Indonesia serta peserta luar negeri dari 11 negara. Kesebelas negara tersebut antara lain Jepang, Norwegia, Denmark, Swedia, Inggris, Portugal, Afrika Selatan, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.