Sleman Tawarkan Banyak Pilihan untuk Wisatawan

Kompas.com - 25/12/2013, 17:16 WIB
Wisatawan bersepeda motor di lereng Merapi, Sleman, DIY Yogyakarta. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAWisatawan bersepeda motor di lereng Merapi, Sleman, DIY Yogyakarta.
EditorI Made Asdhiana
SLEMAN, KOMPAS.com - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menawarkan banyak pilihan acara bagi wisatawan untuk merayakan malam Tahun Baru 2014. "Berbagai kegiatan telah dipersiapkan disejumlah lokasi dan objek wisata untuk memberikan alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi, Selasa (24/12/2013).

Menurut Ayu, kegiatan malam Tahun Baru 2014 selain yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, juga ada yang dilaksanakan pemangku kepentingan dan pelaku pariwisata di antaranya di kawasan Kaliurang, Lapangan Denggung, Monumen Jogja Kembali (Monjali), dan Taman Kuliner Condongcatur, Depok, Sleman.

"Penyelenggaraan kegiatan di kawasan Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, dikemas dalam tajuk Gebyar Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) 2013. Dalam Gebyar ODTW ini terdiri atas tiga kegiatan, yaitu Festival Lampion, Kirab Budaya 'Obor Merapi Sapit Urang', Pesta Seni dan Kembang Api," katanya.

Festival lampion diikuti semua lapisan masyarakat Kaliurang mulai dari pintu gerbang utama hingga kawasan Tlogo Putri dari 27 hingga 31 Desember 2013. Selain itu masyarakat dan pelaku pariwisata juga menyemarakkan Tahun Baru 2014 dengan pemasangan obor di sepanjang jalan di kawasan Kaliurang.

"Kirab Budaya 'Obor Merapi Sapit Urang' sepanjang satu kilometer diikuti 10 kelompok budaya dengan rute Patung Udang , Patung Monyet , Taman Kanak-Kanak , dan finish di Tlogo Putri yang dilaksanakan Selasa, 31 Desember 2013 mulai 19.30 hingga 20.30 WIB," katanya.

Kemudian pentas seni dan kembang api dilaksanakan Selasa 31 Desember 2013 mulai pukul 19.00 hingga 24.00 WIB di empat titik lokasi, yaitu di Panggung Barak selatan Taman Kanak-Kanak dengan pentas campursari dari komunitas Hargobinangun Kaliurang, Gardu Pandang Boyong berupa pentas karawitan dan cokekan dari kelompok Garuda Dadali dari Sidoagung Minggir.

Selanjutnya Panggung Tlogo Putri dengan pementasan tiga grup band orkes melayu yaitu Nabila dari Ngawen Trihanggo Gamping, Seva Nada dari Morangan Triharjo Sleman dan Latanza dari Nyamplung Margokaton Seyegan, serta Lapangan Kaliurang Barat dengan pementasan elektone dan band dari masyarakat Kaliurang Barat.

"Selain itu terdapat beberapa titik penyelenggaraan acara malam tahun baru di beberapa lokasi yaitu di Lapangan Denggung, Kawasan Monjali dan Kawasan Taman Kuliner Condongcatur," katanya.

Manajemen Monjali bekerja sama dengan PT Taman Pelangi akan menyelenggarakan kegiatan pentas musik akustik, pelepasan lampion terbang, pembagian terompet dan pesta kembang api yang digelar mulai Selasa, 31 Desember 2013 pada 17.00 WIB hingga dini hari dengan tiket masuk Rp 15.000.

Sementara itu, di Kawasan Taman Kuliner Condongcatur dipentaskan orkes melayu Yo Ben Nada dari Mesan Sinduadi Mlati pada 14.00 hingga 17.00 WIB dan Thee Plus Band dari Karangjati Sinduadi Mlati dan komunitas Koes Plus Sleman pada 20.00 WIB hingga dini hari.

Halaman:


Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X