Tips Menjaga Makanan Sehat Saat Liburan

Kompas.com - 26/12/2013, 09:35 WIB
Perbanyak konsumsi buah segar saat perjalanan. KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANPerbanyak konsumsi buah segar saat perjalanan.
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Saking semangatnya wisata kuliner tiba-tiba saja perut terasa sakit. Bisa juga di tengah waktu liburan tiba-tiba badan tak bersemangat, lemas, dan terasa tidak fit. Jangan curiga dulu terhadap penyakit, bisa jadi hanya salah memperhitungkan makanan yang masuk ke tubuh kita. Maklum, secara psikologis kalau dalam masa liburan seolah–olah lupa sama aturan dan inginnya bebas melakukan apa pun termasuk makan.

Prof Dr Hardinsyah, MS, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat liburan sebenarnya sama dengan saat rutinitas normal sehari-hari. Gizi seimbang antara makanan karbo, protein dari lauk–pauk, buah, sayur dan minum. "Frekuensi makan tetap tiga kali sehari dan bila masih terasa lapar silakan disertai makanan selingan," katanya kepada Kompas.com.

Hardinsyah menekankan pentingnya asupan air bagi tubuh saat di perjalanan. "Minum sebaiknya air putih silakan diselingi jus buah atau makan buah yang banyak mengandung air," ujar Hardinsyah yang pernah menggali ilmu di Universitas Queensland, Australia.

Menurutnya, pilihan makanan juga perlu yang bervariasi. Selain agar rasanya tidak membosankan juga menghindari rasa tidak nyaman di perut. Hardinsyah mencontohkan, bila pagi sarapan dengan buah dan roti, siangnya makan nasi atau salad, malamnya makan mi yang banyak sayurnya.

Berikut beberapa tips menghindari rasa tidak nyaman di perut saat di perjalanan:

1. Makanlah jenis makanan dan minuman yang memang terbiasa masuk ke tubuh kita. "Artinya sudah sesuai kondisi lambung selama ini," ungkap Hardinsyah. Tak ketinggalan harus jenis makanan dan minuman yang sehat tentunya.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Saat di perjalanan, tubuh tetap butuh asupan makanan.

2. Janganlah makan atau minum yang rasa dan kandungannya mengagetkan perut. "Hindari makanan dan minuman yang punya rasa serba ter seperti terlalau manis, terlalu pedas, terlalu asem, terlalu pahit, dan terlalu asin," katanya.

3. Pertimbangkan minum susu selama di perjalanan. Terutama bagi yang memang tidak terbiasa minum susu sebaiknya asupan dan kandungan susu agar dihindari. "Khawatir akan meradang sakit perut dan ke belakang (buang air besar) karena enzim laktas tubuh tak memadai," katanya.

4. Sama dengan di saat tidak liburan, makan dan minum juga harus teratur. "Jangan tergesa-gesa agar pencernaan berlangsung sempurna dan sehat," tambah Hardinsyah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X