Kompas.com - 26/12/2013, 15:59 WIB
EditorI Made Asdhiana
MAKASSAR, KOMPAS — Toraja International Festival 2013 siap digelar di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan, pada 28-30 Desember. Salah satu sajian utama festival adalah penampilan kelompok musik dari berbagai penjuru dunia dalam Toraja World Music Camp and Festival.

Direktur Toraja International Festival (TIF) Franki Raden mengatakan, event yang baru pertama kali digelar ini bertujuan mengembangkan destinasi unggulan wisata baru di luar Bali. ”Festival ini menjadi pemicu untuk memancing wisatawan datang ke Toraja dari seluruh dunia,” katanya, Senin (23/12/2013).

Festival akan berlangsung di Makale, ibuk ota Kabupaten Tana Toraja dan Rantepao, ibu kota Kabupaten Toraja Utara. Event ini dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Franki mengatakan, TIF dirancang menjadi event tahunan yang mengangkat kebudayaan Toraja ke tingkat dunia. Saat itu juga mengundang misi kebudayaan dunia dari Eropa, Amerika, Australia, Afrika, dan Asia. ”Ada pula pentas budaya dari sejumlah daerah di Tanah Air,” katanya.

Salah satu rangkaian acara, yakni Toraja World Music Camp and Festival, akan digelar di Bukit Ge’tengan, Tana Toraja. Di areal perkemahan itu, musikus dari berbagai penjuru dunia bakal menampilkan kebolehannya.

Kelompok musik mancanegara yang akan tampil antara lain Supa Kalulu (Zimbabwe), Orchid House Orchestra (Italia), Jeannette Lambert (Kanada), dan Gilles Saissi (Perancis). Ada pula kelompok musik dalam negeri, seperti Indonesian National Orchestra, Modero (Palu), Saleum (Aceh), Rebana Betawi (Jakarta), Batara Gowa (Makassar), dan Madandan (Toraja).

ARSIP KEMENPAREKRAF Kuburan Batu.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Jufri Rahman mengatakan, event seperti TIF diharapkan juga mengangkat Toraja sebagai destinasi wisata dunia. Hingga November lalu, Sulsel telah dikunjungi lebih dari 5 juta wisatawan nusantara dan 100.000 wisatawan asing. Toraja merupakan salah satu destinasi wisata andalan Sulsel. ”Jumlah itu telah melampaui target wisatawan pada 2013,” katanya.

Salah satu kendala kunjungan wisatawan ke Toraja adalah masih banyak jalan yang rusak jelang dan di Toraja. Jarak Makassar-Toraja ditempuh selama 10 jam dengan mobil, tetapi dengan pesawat hanya 30 menit. Sebuah maskapai komersial tertarik membuka rute penerbangan Makassar-Tana Toraja. (ENG)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.