Kompas.com - 27/12/2013, 10:41 WIB
Kapal Motor Lasang Teras Garu menyusuri Sungai Kahayan di Kalimantan Tengah.
 KOMPAS/DWI BAYU RADIUSKapal Motor Lasang Teras Garu menyusuri Sungai Kahayan di Kalimantan Tengah.
EditorI Made Asdhiana
JAMBI, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi pada 2014 akan membeli kapal wisata yang diperkirakan harganya mencapai Rp 5 miliar. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Edi Erlison ketika dikonfirmasi, Rabu (25/12/2013), anggaran pembelian kapal wisata itu sudah disetujui DPRD Provinsi Jambi.

Edi mengatakan, kapal itu nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai kapal wisata, dan pihaknya sudah menyiapkan konsep yang akan ditawarkan dalam pengelolaan kapal pesiar ini. "Kapal pesiar ini nanti bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengarungi daerah Sungai Batanghari," ujarnya.

Edi mengakui, anggaran untuk pembelian kapal ini awalnya masih dikaji ulang atas permintaan DPRD Provinsi Jambi, namun saat ini anggaran tersebut sudah disetujui.

Awalnya anggaran untuk membeli kapal wisata itu dinilai tak layak, karena besarnya hanya Rp 2 miliar, sehingga DPRD mempertanyakan dan menyatakan anggaran sebesar itu hanya bisa untuk beli kapal pompong.

Dia menjelaskan, kapal wisata itu akan dilengkapi sejumlah fasilitas dan berlantai dua dengan panjang sekitar tujuh meter. "Saat berada di atas dek kapal, penumpang bisa melihat view kiri dan kanan. Di bawahnya ada ruangan, dan ada fasilitas karaoke, dan bisa digunakan untuk jalan-jalan anak sekolah dalam mengisi liburan," katanya.

Edi menyatakan pengelolaan kapal itu masih dicari formulasinya yang paling baik, bisa saja dikelola dinas atau diserahkan kepada pihak ketiga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X