Kompas.com - 29/12/2013, 12:51 WIB
Lokomotif uap Mak Itam menarik gerbong berisi pebalap dan ofisial yang berlaga di Tour de Singkarak 2012 menuju start etape pertama di Sawahlunto di tepian Danau Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Minggu (3/6/2012). KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Lokomotif uap Mak Itam menarik gerbong berisi pebalap dan ofisial yang berlaga di Tour de Singkarak 2012 menuju start etape pertama di Sawahlunto di tepian Danau Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Minggu (3/6/2012).
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com – Kota Sawahlunto belakangan ini menjadi pembicaraan di kalangan penggemar travelling terutama pra penyuka wisata sejarah. Awalnya kota ini dikenal sebagai kota tambang batu bara di era kolonial Belanda.

Kini, Sawahlunto menjadi salah satu destinasi wisata yang tengah naik daun dari Sumatera Barat. Jika tertarik mengunjungi kota ini, berikut tips wisata.

Akses. Dari Kota Padang, sebagai akses masuk Sumatera Barat melalui jalur udara yaitu Bandara Internasional Minangkabau. Paling mudah tentu saja dengan menyewa mobil lengkap dengan sopirnya. Harga sewa mulai dari Rp 350.000. Lama perjalanan darat sekitar 2,5 jam.

Untuk pengalaman yang lebih, Anda bisa naik kereta wisata yang beroperasi di hari Minggu. Sebelumnya, Anda naik kereta dari Stasiun Padang Panjang. Dari sini, naik kereta menuju Sawahlunto dengan lama perjalanan sekitar 3 jam. Selama perjalanan, kereta akan melewati Danau Singkarak.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Lubang Mbah Suro di Sawahlunto, Sumatera Barat.
Penginapan. Di kota ini hanya tersedia hotel melati semacam wisma penginapan, mess, dan homestay. Hotel melati antara lain Hotel Parai dan Hotel Ombilin. Namun, sebagian besar wisatawan lebih memilih menginap di homestay.

Sawahlunto dengan apik mengatur standarisasi homestay di kota ini. Ada lebih dari 50 homestay yang dikelola langsung oleh warga setempat. Tarif menginap di homestay mulai dari Rp 70.000 per malam. Biasanya sudah termasuk sarapan.

Transportasi. Jika Anda menyewa mobil, maka ini cara termuda untuk berkeliling Sawahlunto. Pusat kota sendiri tidak terlalu luas dan beberapa obyek wisata berupa museum bisa Anda capai dengan berjalan kaki. Bisa juga berkeliling kota dengan naik ojek. Pilihan lain untuk si kecil bisa naik kereta wisata yang berkeliling di kota ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Koleksi Menu Makanan di Museum Goedang Ransoem Sawahlunto, Sumatera Barat
Obyek wisata. Museum menjadi andalan wisata Sawahlunto. Anda bisa berkunjung ke Lubang Mbah Soero, Museum Gudang Ransoem, dan Museum Kereta Api. Di Museum Kereta Api, Anda akan melihat kereta Mak Itam yang legendaris. Untuk rekreasi, Anda bisa mengunjungi waterpark bersama keluarga yang merupaan waterpark pertama di Sumatera Barat.

Oleh-oleh. Sebagai kota tambang batu bara, oleh-oleh paling unik adalah kerajinan dari batu bara. Aneka hiasan seperi pajangan mobil dan diorama dibuat menggunakan batu bara yang dipahat sedemikan rupa. Oleh-oleh lain yang bisa Anda beli adalah kopi dan tenun khas Silungkang, sebuah kecamatan di Sawahlunto.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.