Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Tahun Baru, Wisatawan Serbu Pulau Sempuh

Kompas.com - 30/12/2013, 08:29 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Jelang tahun baru dan liburan akhir pekan, ribuan wisatawan mulai berdatangan ke Pantai Sendangbiru untuk berkunjung ke Pulau Sempuh, Sumbermancing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Para wisatawan tersebut sudah mulai memadati Pantai Sendangbiru, dan siap menjelajah dan menikmati keindahan danau di Pulau Sempuh sejak Sabtu (28/12/2013).

"Sejak Sabtu sudah banyak wisatawan yang berdatangan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, Made Arya, kepada Kompas.com, Minggu (29/12/2013).

Menurut Arya, sejak liburan panjang dan jelang tahun baru, kunjungan wisatawan meningkat drastis. "Dari data laporan mingguan, ada kenaikan 20 persen dibanding tahun lalu," katanya.

Pada liburan panjang tahun lalu mencapai 60 ribu pengunjung. "Pada tahun ini diperkirakan akan mencapai di atas 100 ribuan pengunjung. Karena saat ini, sudah mencapai 80 ribu pengunjung," kata Arya.

Sementara itu, jelang tahun baru yang diprediksi wisatawan akan membeludak, sudah dikerahkan tim SAR Polair yang terus melakukan patroli. "Ada 15 anggota Tim SAR Polair yang berpatroli, karena saat ini ombaknya besar dan disertai angin," kata Sunaryo, Ketua Tim SAR Polair Pantai Sendangbiru dan Pulau Sempuh.

Pengamanan di Pantai Sendangbiru dan Pulau Sempuh dilakukan selama lima hari, khusus pengamanan untuk wisatawan yang berlibur tahun baru. "Ada 8 personel yang sudah melakukan operasi dan simulasi tanggap bencana. Kita dikawal kepolisian, dari polair," kata pria yang akrab disapa Naryo itu.

Menurut Naryo, pihaknya mengimbau kepada para pengunjung Pantai Sendangbiru dan yang akan menuju Pulau Sempuh untuk selalu waspada. "Karena ombaknya lumayan tinggi dan disertai angin. Semoga selama liburan tak ada kecelakaan di laut, khususnya di Pantai Sendangbiru dan Pulau Sempuh," katanya.

Para wisatawan mengaku cukup terhibur menikmati wisata pantai. "Terutama menjelajah di Pulau Sempuh. Karena di tengah-tengah pulau ada danau yang menyatu dengan laut. Cukup indah dan luar biasa jika dibuat untuk libur panjang. Alamnya masih alami," kata Irfan Isbandy, salah satu pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com