Kompas.com - 02/01/2014, 07:20 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan pengoperasian bus pariwisata atau Bandung Tour On The Bus (Bandros), bertepatan dengan Malam Tahun Baru 2014.

"Malam ini satu Bandros diluncurkan dan akan dioperasikan bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD)," kata Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (30/12/2013) malam.

Kendaraan pariwisata bertingkat dua itu merupakan bus pertama yang dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan di Kota Bandung, sekaligus menjadi sebuah solusi mengurai permasalahan kemacetan di Kota Bandung.

Menurut dia, para wisatawan ke depan tidak perlu menggunakan mobil pribadi untuk keliling ke destinasi wisata di Kota Bandung, tetapi cukup naik Bandros yang akan melintasi sejumlah jalur heritage, kuliner, dan fashion di Kota Bandung.

Bus tersebut juga akan dilengkapi oleh awak yang bertugas sebagai relawan. Fasilitas lainnya adalah internet gratis, makanan ringan khas Bandung, dan beberapa layanan lainnya.

"Ini baru prototipe, nantinya akan dioperasikan 30 bus wisata sejenis, dan akan meningkatkan daya tarik wisata Kota Bandung," kata Ridwan Kamil.

Sejumlah ruas jalan yang akan dilintasi oleh bus tersebut antara lain Jalan Juanda, Jalan RE Martadinata, Jalan Diponegoro, Jalan Cihampelas, Jalan Braga, Jalan Asia Afrika, serta beberapa ruas jalan lainnya di Kota Kembang.

Bus tersebut, kata dia, merupakan hasil dari CSR di Kota Bandung, sekaligus sebagai ajang untuk mendorong agar kota tersebut tetap eksis di bidang wisata unggulannya.

"Murni 100 persen dari CSR. (Supaya bisa) menggunakan bus itu, minimal penumpang harus memperlihatkan struk belanja, jadi ada kontribusinya bagi perekonomian Kota Bandung," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.