Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangun Pariwisata DIY Harus Cerdas

Kompas.com - 04/01/2014, 09:20 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Membangun pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta harus cerdas dan memberikan rasa nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. "Apalagi peluang DIY untuk menjadi destinasi pariwisata unggulan di tanah air masih sangat terbuka. Potensi yang dimiliki pariwisata DIY sangat beragam," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Tazbir, di Yogyakarta, Kamis (2/1/2014).

"Kita tidak kalah dengan Bali dan beberapa kota lain di Indonesia. Masalahnya, bagaimana upaya ujung tombak untuk menjual pariwisata DIY ini bisa tepat sasaran," sambung Tazbir.

Menurut Tazbir, keanekaragaman wisata budaya DIY sudah diakui banyak daerah di Indonesia. Karena DIY memiliki keunggulan karakteristik yang tidak dimiliki daerah lain seperti: bangunan wisata heritage, Keraton, Sentra Kerajinan, Budaya lokal Batik, Keindahan alam laut dan pegunungan.

"Semua ini menjadi titik penjualan bagi pariwisata DIY untuk bersaing dengan destinasi pariwisata lain di Indonesia," kata Tazbir.

Hal lain yang mendesak dilakukan dalam pembangunan pariwisata DIY adalah menjalin koordinasi dan komunikasi dengan pemangku kepentingan pariwisata daerah ini termasuk pelaku jasa pariwisata lain seperti: PHRI, HPI, ASITA maupun kalangan perguruan tinggi. "Ini penting karena pariwisata tidak bisa jalan sendiri, harus saling dukung dan sinergi," kata Tazbir.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Kelompok Acapella Mataraman menghibur rombongan wisatawan asing asal Belgia di obyek wisata Istana Air Taman Sari, Yogyakarta, Selasa (2/4/2013). Bekas tempat pemandian Raja Keraton Yogyakarta yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I tersebut merupakan salah satu aset utama industri pariwisata Yogyakarta.
Dia mengatakan tren kunjungan wisatawan ke DIY dalam beberapa tahun terakhir ini juga terus meningkat. Beberapa agenda pariwisata juga terus digelar dengan baik dan menarik perhatian wisatawan. "Agenda pariwisata yang unik tentu akan ditonton banyak orang. Tentunya acara unik dan memiliki nilai edukasi bagi wisatawan sehingga tidak terkesan monoton," katanya.

Tentunya, lanjut Tazbir, semua itu tidak lepas dari kapasitas dan kualitas SDM dan masyarakat pelaku pariwisata DIY untuk memiliki sense of tourism. "Bagaimana upaya pembangunan pariwisata DIY ke depan bisa lebih maju, nyaman dan lebih cerdas lagi," kata Tazbir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com