Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 4 Hotel dengan Aktivitas Budaya

Kompas.com - 04/01/2014, 17:28 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Hotel-hotel di Indonesia mampu menawarkan lebih dari sekadar tidur dan sarapan. Beberapa hotel berikut memberikan fasilitas tambahan berupa aktivitas budaya bagi tamunya.

Kelas memasak makanan Bali di Four Season Resorts Bali di Jimbaran, Bali. Resor ini memiliki bangunan tersendiri yang didedikasikan untuk kelas memasak. Tamu bisa belajar memasak makanan tradisional Bali maupun masakan Indonesia lainnya.

Sebelumnya di pagi hari, tamu akan diajak ke pasar tradisional setempat. Mereka berbelanja langsung bahan-bahan yang akan dimasak di pasar. Menu yang dimasak seperti sate lilit dan pepes ikan kakap.

Makan malam ala Sultan di The Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta. Ini bukan makan malam biasa. Tamu bisa merasakan makan malam ala Sultan Yogyakarta dengan paket bernama “Indonesian Rijsttafel – Royal Javanese Food”.

Menu yang disajikan merupakan masakan tradisional yang biasa disuguhkan pada Sultan. Karena hotel ini dulunya merupakan keraton Sultan, lokasi makan malam pun persis di tempat Sultan biasa makan malam. Tak hanya itu, sepanjang makan, tamu disuguhi pentas sendratari.

Kelas jamu di Hotel Tugu Malang. Diselenggarakan di fasilitas spa hotel ini, Apsara Spa, tamu diajak membuat jamu. Sebelumnya tamu diajak ke pasar tradisional untuk berbelanja langsung bahan-bahan pembuatan jamu.

Kemudian tamu dijelaskan mengenai bahan-bahan dan kegunaannya. Serta juga dijelaskan efek jamu bagi tubuh dan teknik pembuatannya.  

Spa tradisional di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. KempinskiSPA atau nama fasilitas spa di hotel ini menawarkan beberapa paket spa dengan ramuan dan pijatan tradisional. Salah satunya adalah paket Bali Island Ritual.

Lulurnya menggunakan kopi Bali. Sementara untuk masker menggunakan boreh atau ramuan khas Bali. Perawatan termasuk Balinese Massage dan Jasmine Herbal Bath. Lama rangkaian perawatan adalah 2,5 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com