Seru, Makan Bagawa ala Belitung

Kompas.com - 05/01/2014, 17:22 WIB
Turis domestik menikmati makanan khas Belitung secara tradisi KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Turis domestik menikmati makanan khas Belitung secara tradisi "makan bagawa".
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Apa yang terlintas di benak Anda jika menyebut "Belitung"? Bisa jadi, hal pertama adalah pantai-pantainya yang indah. Namun, Belitung menawarkan lebih bagi wisatawan yang datang.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Turis domestik menikmati makanan khas Belitung secara tradisi
Salah satunya adalah keunikan tradisi masyarakat Belitung dalam hal kuliner. Di Jalan Ahmad Yani, Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ada sebuah rumah adat Belitung yang sangat besar.

Anda perlu berkunjung ke rumah adat ini. Selain karena sudah tidak ada rumah panggung ukuran besar yang ada di Belitung, di rumah ini turis juga bisa merasakan sensasi  “makan bagawa” atau makan secara bersama-sama.

Jamuan "makan bagawa" ini haruslah dilakukan secara beramai-ramai. Harga satu paket untuk empat orang adalah Rp 160.000. Satu dulang berisi wadah dan lauk palung memang maksimal untuk empat orang.

Tradisi makan bagawa adalah perempuan harus makan bersama perempuan dan laki-laki bersama laki-laki. Persiapannya pun tak sembarangan, harus dimulai dari dulang, nasi, terakhir air untuk mencuci tangan.

Apa saja menu yang dihidangkan? Biasanya terdiri dari lauk ikan, ayam, sayuran, dan kue. Misalnya sate ikan ikan pari masak kucai, gangan darat dari daging sapi, ayam masak ketumbar nanas, sayuran jantung pisang, dan daun singkong. Sebagai pelengkap adalah sambal serai. Lalu kuenya bisa kue bingke dan engkak.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Menu makanan untuk tradisi makan bersama-sama ala Belitung atau
Seperti pada umumnya cara makan orang Indonesia, makan pun dengan tangan. Orang yang paling tua menjadi yang pertama mencuci tangan di wadah air. Orang paling muda mendapat giliran terakhir. Begitu pula saat melap tangan dengan kain, dimulai dari yang tua dan terakhir yang usianya paling muda.

Tertarik mencoba? Datanglah di siang hari saat jam makan siang. Sebelumnya, Anda perlu memesan terlebih dahulu ke pihak biro perjalanan setempat atau hubungi dinas pariwisata Belitung.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X