Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belitung Timur Kembangkan Wisata Laskar Pelangi

Kompas.com - 10/01/2014, 10:38 WIB
MANGGAR, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun ini menyiapkan kawasan Bukit Raya di Kecamatan Gantung untuk pengembangan wisata Laskar Pelangi.

"Image Laskar Pelangi yang telah mendunia tetap akan menjadi ikon pariwisata kita. Sebagai bentuk komitmen akan hal itu kami telah menyiapkan sejumlah lahan di Kecamatan Gantung dalam rangka go international-nya pariwisata Belitung Timur," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Belitung Timur, Helly Tjandra di Manggar, Kamis (9/1/2014).

Menurut Helly, pemerintah daerah akan menggandeng Andrea Hirata sekaligus mengadopsi konsepnya dalam mengembangkan kawasan wisata Bukit Raya tersebut.

Di samping program wisata Laskar Pelangi, pihaknya juga telah mempersiapkan konsep-konsep wisata lainnya seperti wisata bahari, wisata petualangan dan agrowisata, namun "brand" Laskar Pelangi tetap akan menjadi konsep utama.

Di tempat terpisah, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Belitung Timur, Lim Surya Wiguna mengatakan dalam beberapa tahun belakangan perkembangan pariwisata Belitung Timur cukup baik, tapi masih perlu digalakkan lagi termasuk wisata menyelam.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pemandangan Pulau Lengkuas dengan daya tarik mercusuar tua di Belitung, Jumat (15/4/2011). Pulau Belitung terkenal dengan keindahan lokasi wisata pantai pasir putih berbatu granit artistik.
Dia berharap walau pengembangannya terkendala keterbatasan anggaran, tapi pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata harus terus berupaya memanfaatkan potensi yang ada.

"Selain itu pengembangan pariwisata harus melibatkan banyak pihak termasuk Andrea Hirata bersama Laskar Pelangi-nya yang sudah jelas-jelas memberikan kontribusi sangat besar terhadap kepariwisataan Kabupaten Belitung Timur," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com