Fotografi Perjalanan Itu Menyenangkan

Kompas.com - 10/01/2014, 17:06 WIB
Pawai ogoh-ogoh di kawasan Kuta Bali.
KOMPAS/RADITYA HELABUMIPawai ogoh-ogoh di kawasan Kuta Bali.
EditorI Made Asdhiana
LIBURAN? Semua orang pasti menyukainya! Selain untuk "refreshing" dan mengurangi kejenuhan dari aktivitas rutin seperti bekerja atau sekolah, banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan saat liburan. Biasanya, saat liburan banyak yang pergi ke luar kota mencari suasana baru untuk berekreasi. Misalnya saja, naik gunung, bersepeda, ke pantai, menyelam, rafting, atau sekadar jalan-jalan di daerah yang memiliki banyak kawasan pariwisata.

Selain banyak aktivitas seru, satu hal yang tidak bisa diabaikan dari liburan adalah mendokumentasikan atau membuat foto-foto saat liburan. Bagi yang hobi fotografi, saat liburan merupakan kesempatan untuk berburu foto, terutama ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi.

Dalam fotografi dikenal istilah fotografi perjalanan (traveling photography), yaitu aktivitas memotret yang dilakukan saat melakukan perjalanan termasuk perjalanan saat liburan. Foto yang sering kali dihasilkan dalam fotografi perjalanan secara umum adalah pemandangan alam, aktivitas dari komunitas lokal di daerah tujuan, serta bangunan-bangunan bersejarah.

Mengumpulkan Informasi

Sebelum pergi ke tempat tujuan saat liburan, penting untuk melakukan riset kecil-kecilan dan mengumpulkan segala informasi terkait lokasi liburan. Tempat menginap dan alat transportasi harus diperhitungkan sebelum berangkat. Di Indonesia, biaya transportasi, terutama untuk bepergian ke daerah di luar Jawa seperti ke kawasan Indonesia timur, masih relatif mahal.

Informasi lain yang dibutuhkan adalah mengenai pergelaran atau kegiatan seni budaya masyarakat setempat yang mungkin sedang berlangsung di tempat tujuan.

Menurut salah seorang pegiat fotografi perjalanan, Endro Gunawan, riset berperan penting dalam foto travelling karena tanpa riset hanya mengandalkan keberuntungan belaka saat berada di lokasi. Dengan riset, hambatan seperti cuaca dapat diantisipasi.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Panorama di Gunung Sibayak, Sumatera Utara.
Riset ini akan membantu menentukan prioritas tempat-tempat yang akan didatangi terlebih dahulu sehingga waktu selama liburan akan lebih efektif. Saat ini, beragam informasi dan forum diskusi mengenai daerah tujuan wisata mudah didapatkan melalui internet.

Peralatan

Mendokumentasikan perjalanan dapat memaksimalkan peralatan atau kamera yang dimiliki. Jika memiliki DSLR, cukup membawa satu atau dua lensa yang benar-benar diperlukan. Hal ini untuk menghindari membawa peralatan yang banyak tetapi tidak terpakai dan malah membebani.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X