Kota Singkawang Menyambut Tahun Baru Imlek

Kompas.com - 13/01/2014, 09:09 WIB
Salah satu toko yang menjual aneka pernak-pernik khas menyambut tahun baru Imlek di Jalan Sejahtera, Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (10/1/2014). KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWANSalah satu toko yang menjual aneka pernak-pernik khas menyambut tahun baru Imlek di Jalan Sejahtera, Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (10/1/2014).
|
EditorI Made Asdhiana
SINGKAWANG, KOMPAS.com - Perayaan tahun baru Imlek tinggal menghitung hari, namun suasana Imlek sudah mulai terasa di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Beberapa toko aksesoris terlihat sudah mulai memajang dan menjual aneka pernak-pernik menyambut tahun baru Imlek. Panitia perayaan akbar pun telah dibentuk dan mulai mempersiapkan aneka hiburan hingga perhelatan Cap Go Meh kelak.

Sektretaris Panitia Festival Imlek dan Cap Go Meh Kota Singkawang tahun 2014, Edhylius Sean memaparkan, hingga kini panitia terus bekerja terutama mempersiapkan landasan kerja serta perangkat administrasi.

Edhylius menjelaskan, semua kegiatan perayaan Imlek nantinya akan dipusatkan di Stadion Kridasana, Singkawang. "Sekitar seratus stan dipersiapkan untuk menyemarakkan panggung hiburan rakyat yang akan digelar mulai dari malam tahun baru imlek hingga perayaan Cap Go Meh yang akan dipusatkan di Stadion Kridasana. Rencananya Stadion Kridasana akan dibuat taman Mei Hwa serta akan dibuat replika 8 ekor kuda, karena bertepatan dengan menyambut tahun kuda." ujar Edhylius kepada Kompas.com, Jumat (10/01/2013).

Selain menyemarakkan perayaan Imlek dan Cap Go Meh, tahun ini panitia juga bekerja sama dengan pemerintah daerah, karena pelaksanaan kegiatan tersebut bertepatan dengan Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang rencananya akan dihadiri oleh 50 bupati dan wali kota se-Indonesia. "Kebetulan, tahun ini Singkawang jadi tuan rumah Rakernas JKPI, jadi kita sama-sama mensukseskan Cap Go Meh, sekaligus ajang promosi Kota Singkawang," ujarnya.

Agenda perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang rencananya akan dimulai pada tanggal 30 Januari 2014. Kemudian pada tanggal 12 Februari 2014 akan dilaksanakan pawai lampion keliling kota. Puncak kegiatan yaitu perayaan Cap Go Meh akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2014.

Pendataan Tatung

Untuk menyukseskan kegiatan, hingga kini panitia masih mendata para tatung (lauya) yang akan mengikuti rangkaian festival Cap Go Meh. Namun panitia berharap dalam acara ini para tatung tersebut bisa netral dan tidak ditunggangi oleh partai politik. "Karena bagaimanapun tahun ini merupakan tahun politik. Kita berharap seluruh rangkaian kegiatan bisa berjalan aman dan kondusif," tambah Edhylius.

KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Seorang tatung yang sedang kemasukan roh melakukan atraksi dengan menusuk jarum baja di pipinya dalam perayaan Cap Go Meh tahun 2012 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.
Edhylius menambahkan, berhubung puncak festival Cap Go Meh jatuh pada hari Jumat, maka panitia sudah mempersiapkan rute yang tidak melewati Masjid Raya di pusat kota Singkawang.

"Kita menjunjung tinggi toleransi dan menghormati umat Muslim yang akan beribadah sholat Jumat di masjid tersebut. Kita akan desain rute sedemikian rupa sebagai wujud toleransi kita sesama umat beragama," pungkasnya.

Rute yang akan dilalui tatung dimulai dari pusat berkumpul para tatung di Stadion Kridasana, melewati Jl GS Lalalang, kemudian belok ke Jl P Diponegoro hingga simpang Bank BNI, kemudian belok ke Jl Sejahtera menuju Toapekong, lantas ke arah Jl Budi Utomo, Jl Setia Budi dan finish di Jl Niaga.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X