Kompas.com - 13/01/2014, 16:05 WIB
EditorI Made Asdhiana
BENGKULU, KOMPAS.com - Wisatawan asal Jepang, Eiji Yokoyama terpikat dengan kecantikan dan keunikan bunga langka Rafflesia arnoldii yang masih sering ditemui mekar di Hutan Lindung Bukit Daun, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu.

"Saya sudah dua kali ke Bengkulu, hanya untuk melihat keajaiban bunga Rafflesia, bunga terbesar di dunia," katanya di Bengkulu, Senin (13/1/2014).

Yokoyama mendapat informasi tentang habitat bunga Raflesia dari Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu.

Anggota komunitas itu secara rutin menginformasikan ke jejaring sosial jika ada bunga Rafflesia yang akan mekar di hutan-hutan Bengkulu.

"Kunjungan pertama saya Januari 2013, saat itu ada bunga bangkai atau Amorphopalus titanum juga yang mekar, sangat menakjubkan," ujarnya.

Saat mengunjungi habitat bunga Rafflesia di Hutan Lindung Bukit Daun, Yokoyama didampingi sejumlah anggota KPPL.

Koordinator KPPL Sofian Ramadhan mengatakan Eiji Yokoyama sudah menjadi anggota istimewa KPPL sejak 2013. "Kami rutin berkomunikasi dan selalu menginformasikan jika ada bunga langka baik Raflesia atau Amorphopalus yang akan mekar di hutan Bengkulu," katanya.

Pantauan di lokasi Rafflesia mekar, selain memikat wisatawan domestik dan asing, keunikan bunga terbesar di dunia itu juga menarik minat sejumlah fotografer alam liar.

Berdasarkan pendataan KPPL Bengkulu sepanjang 2013 terdapat 11 bunga Rafflesia yang mekar di sejumlah lokasi di kawasan hutan daerah itu.

Kelompok masyarakat yang rutin memantau keberadaan Rafflesia di Hutan Lindung Bukit Daun juga membuat penangkaran bunga langka Amorpholalus titanum.

"Pengunjung bisa mendatangi lokasi penangkaran terlebih dahulu, jaraknya sekitar dua atau tiga kilometer dari habitat bunga Rafflesia mekar, nanti bisa dipandu ke dalam hutan," kata Holidin, aktivis konservasi bunga langka Bengkulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.