Kompas.com - 14/01/2014, 10:32 WIB
EditorI Made Asdhiana
LUBUKBASUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akan mengembangkan Kelok 44 sebagai kawasan strategis parawisata di daerah itu sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Syafirman di Lubukbasung, Senin (13/1/2014), mengatakan, di kawasan Kelok 44 akan dibangun beberapa titik rest area atau tempat istirahat sementara untuk wisatawan menikmati keindahan Danau Maninjau yang dilihat dari ketinggian.

"Nantinya pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Maninjau di rest area," kata Syafirman.

Untuk membangun tempat peristirahatan ini, Pemkab Agam akan melakukan pengembangan secara bertahap dengan melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, dan lainnya.

SKPD ini telah mulai mengembangkan daerah itu yang sesuai dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Agam. Selain itu, pengembangan ini akan dikaji ulang setiap tahun terkait perkembangan yang telah dilakukan.

"Selama ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam telah melakukan dengan cara mengadakan berbagai kegiatan di Puncak Lawang, Kelok 44, dan Lawang Park," katanya.

Terkait dana untuk pengembangan kawasan ini, Syafirman mengatakan, Pemkab Agam belum menghitung jumlah dana yang akan dibutuhkan. Namun, pengembangan kawasan ini dilakukan secara berkelanjutan.

"Pengembangan kawasan ini juga butuh dukungan dari masyarakat setempat dan investor, sehingga tujuan yang diinginkan akan tercapai untuk kesejahteraan masyarakat dan sekaligus menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD)," kata Syafirman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.