Ke Majene, Ramon Mengunjungi Museum Mandar

Kompas.com - 15/01/2014, 14:33 WIB
Ramon Y Tungka, Pemandu Acara 100 Hari Keliling Indonesia  Kompas TV. DOK KOMPAS TVRamon Y Tungka, Pemandu Acara 100 Hari Keliling Indonesia Kompas TV.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan keliling Indonesia oleh tim 100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI) Kompas TV masih berada di Pulau Celebes tepatnya di Majene, sebuah kota di Sulawesi Barat. Pemandu acara program, Ramon Y Tungka ditemani tokoh muda asal Mandar, Ridwan Alimudin.

Salah satu anggota 100 HKI, Ignatius Dimas Yulianto mengatakan, keduanya mengunjungi salah satu bangunan bersejarah di Majene yaitu Museum Mandar. Pada zaman perjuangan kemerdekaan, Majene termasuk salah satu wilayah di Sulawesi yang menjadi basis pertahanan para pejuang.

"Di museum, Ridwan menerangkan foto-foto perjuangan warga Mandar pada tahun 1940-1950 an," ujar Dimas.

Setelah dari museum, perjalanan mereka pun melanjutkan perjalanan mengunjungi Sungai Mandar. "Konon nama daerah Mandar itu berasal dari nama Sungai Mandar," kata Dimas.

Perjalanan Ramon mengunjungi Museum Mandar ditayangkan pada episode ke-15 100 HKI. Selain menyajikan panorama dan keindahan nusantara, tayangan pun akan mengulas sisi lain problematika transportasi, sosial dan budaya yang terjadi di tanah air. Beberapa cerita perjalanan tim pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel. Sedangkan di Kompas TV, 100 HKI ditayangkan setiap Rabu jam 20.00 WIB.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X