Kompas.com - 16/01/2014, 17:17 WIB
Beriringan Menuju Tepian. KOMPAS/WAWAN H PRABOWOBeriringan Menuju Tepian.
EditorI Made Asdhiana
DERU puluhan mesin perahu kayu meraung bersahutan. Dari kejauhan, deretan perahu kayu itu layaknya tengah adu cepat. Para juru mudi saling memacu perahu mereka agar bisa sesegera mungkin mencapai tepian dermaga untuk menurunkan penumpang.

Parade perahu penuh penumpang adalah potret pagi di Pelabuhan Pansodan, Sungai Yangon, Myanmar, pada pengujung Desember 2013 lalu. Persinggahan yang menjadi tambatan perahu kayu dan kapal feri para komuter dari kota Dala untuk bekerja di kota Yangon.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Kawanan Burung Camar.
Dala adalah kota kecil di seberang Pelabuhan Pansodan. Pada tahun 2008, Dala diterjang topan Nargis. Puluhan ribu jiwa melayang. Tidak sedikit pula yang menjadi tunawisma dan kehilangan pekerjaan.

Hingga kini, Dala masih menjadi kota miskin yang tidak banyak menyediakan lapangan pekerjaan untuk warganya. Untuk memperbaiki nasib, warga Dala setiap hari harus menyeberangi Sungai Yangon. Di kota Yangon, mereka mencari peruntungan dengan menjual hasil bumi, bekerja di toko, atau menjadi sopir becak dan taksi.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Turun dari Perahu.
Denyut kehidupan di Sungai Yangon mungkin tak jauh beda jika dibandingkan dengan sungai-sungai besar di Indonesia beberapa tahun lalu. Masa ketika sungai masih terjaga dari sampah dan tumbuhan yang terlahir dari limbah. Suatu waktu saat sungai menjadi habitat ikan dan burung-burung liar. (Wawan H Prabowo)

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Menghangatkan Diri
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.