Mencoba Masak Jepa, Makanan Khas Majene

Kompas.com - 18/01/2014, 08:50 WIB
Seorang turis membut jepa di Desa Bonde, Majene, Sulawesi Barat. KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Seorang turis membut jepa di Desa Bonde, Majene, Sulawesi Barat.
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Seorang ibu sibuk dengan wajan dan tungku berbahan bakar dari kayu. Ia masukan singkong dan tak lama kemudian menjadi lembaran-lembaran serupa roti atau panekuk.

Sang ibu tengah memasak jepa, masakan tradisional suku Mandar. Di Desa Bonde, Kecamatan Pamboang Majene, Sulawesi Barat. Jepa merupakan makanan pokok di Majene, layaknya nasi.

Bentuknya berupa lingkaran dalam lembaran tipis. Berwarna putih kecokelatan dengan aroma singkong bakar dan bertekstur seperi roti. Enaknya dimakan selagi hangat.

Nah, di Desa Bonde, tepat di area masuk ke desa, turis bisa melihat langsung proses pembuatan jepa. Tak sekedar melihat, pengunjung bisa saja ikut membuat jepa. Tentu izinlah terlebih dahulu.

Singkong yang telah dikupas kulitnya, diparut. Hasil parutan singkong diperas hingga sari-sarinya keluar. Ampas singkong kemudian diayak, setelah itu siap dimasak.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Jepa, makanan dari singkong khas suku Mandar yang mendiami kawasan Sulawesi Barat.
Sebelum dimasak, wajan khusus dari tanah liat bernama panjepangan dipanaskan. Wajan tersebut lebih menyerupai piring dan terdiri dari dua "piringan".

Bahan bakarnya masih menggunakan kayu. Sehingga hasil akhir jepa begitu khas. Penuh aroma asap dalam setiap gigitannya.

Ampas singkong kemudian diletakan di atas salah satu piringan. Kemudian, piringan satu lagi ditumpuk di atasnya. Jadi singkong seperti dijepit agar matang bagian atas dan bawah.

Tenang saja, jika merasa kesulitan, Anda cukup membantu dengan mengisi piringan dengan singkong. Lalu setelah matang, Anda bisa membantu mengambilnya dari wajan.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X