Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Ikuti Pembuatan Chocodot

Kompas.com - 18/01/2014, 15:42 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Garut terkenal sebagai penghasil dodol. Nah, salah satu oleh-oleh yang kerap dibeli saat wisatawan berkunjung ke Garut adalah Chocodot atau cokelat isi dodol.

Ada banyak varian Chocodot, sebut saja seperti rasa buah jeruk, nangka, melon, dan sebagainya. Beberapa varian malah dengan uniknya diberi nama kemasan yang lucu-lucu. Sebut saja seperti Chocodot High Quality Jomblo atau Enteng Jodoh. Ini adalah cokelat edisi humor. Ada pula chocodot dengan gula rendah kalori.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Karyawan Chocodot memperagakan cara pembuatan Chocodot.
Pengunjung yang datang juga bisa mengikuti kelas memasak. Pengunjung akan diajarkan cara membuat cokelat isi dodol. Atau, bisa saja sekadar melihat demo pembuatan Chocodot.

Untuk kelas memasak, minimal peserta adalah 50 orang. Paket sudah termasuk belajar membuat cokelat isi dodol dan makan siang.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Pertama-tama cokelat dilelehkan terlebih dahulu. Lalu cetakan diberi lapisan cokelat. Tengahnya diberi dodol yang sudah dipotong-potong kecil.

Cetakan kembali diberi lapisan cokelat sampai benar-benar tertutup. Terakhir, cokelat dibekukan. Setelah mengeras, cokelat dikeluarkan dan dikemas. Tertarik membuat Chocodot? Mampir saja ke tokonya di Jalan Otista Nomor 2, Garut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com