Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar MS Artania Singgahi Sabang

Kompas.com - 23/01/2014, 15:20 WIB
SABANG, KOMPAS.com - Kapal pesiar MS Artania singgah di Pelabuhan Bebas Sabang, Aceh, Rabu (22/1/2014) pagi. Kapal sepanjang 230,6 meter yang mengangkut sebanyak 970 turis asing itu menjadi tontonan masyarakat Kota Sabang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang, Zulfi Purnawati, di dalam kapal mewah itu, kepada Serambi, mengatakan, kapal berbendera Bermuda tersebut tiba di Sabang sekitar pukul 09.00 WIB. Kapal itu merapat di Dermaga BPKS baru, tepatnya di CT 3 Perikanan, di depan Pulau Klah, Teluk Sabang.

Kehadiran kapal mewah itu disambut acara adat serta penampilan tari-tarian tradisional Aceh, sekaligus pengalungan bunga dan penyerahan plakat kepada Kapten Kapal MS Artania oleh Sekda Kota Sabang, Sofyan H Adam SH.

Hadir pada acara penyambutan itu Ketua DPRK Sabang Tgk Kamaruzzaman SPdI, Kepala BPKS Fauzi Husin, Kapolres Sabang AKBP Henny Sorta Lubis S Sos, serta Danlanud Maimun Saleh Sabang Letkol Pnb Imam Subekti.

Kapal MS Artania singgah di Sabang, Pulau Weh sekitar 7 jam. Kapal itu membawa 970 turis dan 420 anak buah kapal. Para wisatawan itu berkeliling menikmati keindahan sejumlah obyek wisata di Kota Sabang.

Setelah singgah sekitar 7 jam, kapal pesiar yang datang dari Kolombo dengan waktu dua hari itu selanjutnya meninggalkan Aceh dan berlayar menuju Malaysia dan Singapura.

Selain Artania, dalam waktu dekat dua kapal pesiar juga akan merapat ke Demaga BPKS yang baru, yaitu Caledonian Sky dan Seabourn Legend. Caledonian Sky merapat 6 Februari 2014 dengan membawa 114 turis dan 66 kru. Sementara Seabourn Legend merapat 11 Februari 2014 dengan mengangkut 208 turis dan 164 kru. (Serambi/Az)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com