Pemkot Pontianak Larang Pawai Tatung dan Petasan

Kompas.com - 23/01/2014, 16:10 WIB
Perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalbar tahun 2012. BARRY KUSUMAPerayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalbar tahun 2012.
EditorI Made Asdhiana
PONTIANAK, KOMPAS.com - Polresta Pontianak bersama pemerintah daerah serta instasi terkait melakukan rapat lintas sektoral terkait pengamanan menjelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang akan berlangsung pada Januari dan Febuari 2014. Dari rapat tersebut Pemerintah Kota Pontianak melarang adanya atraksi tatung dan permainan petasan.

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengatakan, dari rakor yang dilakukan Polresta Pontianak dengan beberapa stakeholder yang berhubungan dengan perayaan Cap Go Meh di wilayah Kota Pontianak, pihaknya tidak mengizinkan adanya pertunjukan atraksi tatung. Namun, untuk naga diperbolehkan dengan sejumlah batasan jumlah dari atraksi naga yang akan melakukan pawai.

"Tatung tetap tidak kita izinkan untuk dipertunjukkan di tempat umum. Kalau di tempat tertutup dipersilakan, asalkan tidak dipertontonkan untuk masyarakat umum dengan melakukan pawai,” ungkap Edi yang ditemui di Mapolresta Pontianak, Rabu (22/1/2014).

Menurutnya, di Kota Pontianak, panitia sudah menyiapkan wisata kuliner yang berpusat di Jalan Diponegoro dan parade kesenian serta pawai naga. Terkait kebiasaan selama perayaan hari besar, seperti adanya petasan juga dilarang.

"Kembang api kita fokuskan tempatnya di Jalan Gajahmada, dan kita berharap tidak ada lagi yang menggunakan di tempat lain. Kita juga berharap kegiatan perayaannya dibatasi jamnya juga. Hal ini agar menghormati bagi mereka yang tidak merayakan untuk dapat beristirahat di malam hari," ujarnya. (Tribun Pontianak/Isfiansyah)

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X