Pawai Mobil Hias dan Barongsai, Puncak Perayaan Imlek di Hongkong

Kompas.com - 25/01/2014, 16:42 WIB
Mr Kenneth Ng Ho-pun (tengah), warga Hong Kong pertama yang memenangkan World Clown Competition Championship, akan tampil dalam parade tersebut. Hong Kong Tourism BoardMr Kenneth Ng Ho-pun (tengah), warga Hong Kong pertama yang memenangkan World Clown Competition Championship, akan tampil dalam parade tersebut.
|
EditorAna Shofiana Syatiri
HONGKONG, KOMPAS.com - Deretan acara festival dan pameran seni budaya sudah berlangsung di Hongkong untuk menyambut Tahun Baru China atau Imlek. Puncaknya akan digelar parade mobil hias dan barongsai yang akan berlangsung di Hongkong Cultural Centre Piazza, Tsim Sha Tsui, pada Jumat (31/1/2014) malam.

Hongkong Tourism Board ingin membuat acara puncak perayaan imlek ini untuk memikat wisatawan menyaksikan pesta pergantian tahun baru China di Hongkong. Bukan hanya atraksi warga lokal, rombongan dari negara lain juga diberi kesempatan untuk menyemarakkan acara ini. Misalnya rombongan dari Australia, China, Prancis, Irlandia, Jepang, Korea, Macau, Belanda, Singapura, Spanyol, Trinidad, Barbados, Santa Lucia, hingga Amerika Serikat.

Pesta menyambut tahun baru ini akan dibuka pada pukul 19.00 waktu setempat. Sebanyak 13 mobil hias dengan berbagai tema akan menyemarakkan pesta ini, dan berkeliling kota pada malam tersebut. Marching band, penari-penari, termasuk parade sepeda akan memeriahkan acara tersebut.

Beberapa mobil hias yang akan ikut meramaikan parade tersebut misalnya dari Cathay Pacific. Para pilot, cabin crew, dan staf di lapangan akan berada di atas mobil hias tersebut.

Selain rombongan Cathay Pacific, China National Tourism Administration, Hongkong Disneyland, Hongkong Jockey Club, juga akan menampilkan karya mobil hiasnya. Mereka akan berkeliling kota, memeriahkan malam Tahun Baru China, yang tahun ini bershio kuda.

Hong Kong Tourism Board Maskot parade berfoto dengan HKTB Chairman Dr Peter Lam (kedua dari kiri) dan Chief Executive of Cathay Pacific Airways Mr John Slosar (kedua dari kanan).
Dari Tsim Sha Tsui, pawai mobil hias itu akan melintasi Canton Road, Haiphong Road, Nathan Road,  Salisbury Road, dan berakhir di Sheraton Hongkong Hotel & Towers. Untuk melihat pawai tersebut, titik strategis berada di trotoar Canton Road, dan di Nathan Road serta Peking Road, tepat di depan Chungking Mansions.

Sekitar 2.700 kursi disediakan untuk para penonton yang ingin menyaksikan pembukaan pawai di Hongkong Cultural Centre Piazza, atau Tsim Sha Tsui. Harga tiket berkisar antara 300 hingga 400 dollar Hongkong untuk orang dewasa, dan setengahnya untuk penyandang difabel, orang tua, dan anak-anak.

Setelah perayaan tahun baru tersebut, antara 1 hingga 16 Februari 2014, mobil-mobil hias itu akan dipamerkan di Lam Tsuen, Tai Po. Pada 1 dan 2 Februari, beberapa penghibur dari negara lain yang terpilih juga akan tampil di Lam Stuen, dan beberapa mal besar di Hongkong.

Selain acara pesta tahun baru tersebut, berbagai acara yang bisa dinikmati lainnya adalah pesta kembang api, Hongkong Well-wishing Festival, West Kowloon Bamboo Theatre, dan  Lunar New Year Lantern Carnivals.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X