Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Cicipi Yi Shang? Datangi Restoran Ini...

Kompas.com - 26/01/2014, 18:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Saat perayaan imlek, Yee Sang atau Yi Shang seakan menu wajib yang harus hadir. Yi Shang merupakan hidangan pembuka serupa dengan salad.

Bahan wajibnya adalah ikan mentah, biasanya ikan salmon. Lalu cacahan sayuran seperti wortel, timun, dan lobak. Kemudian dibumbui dengan aneka manisan seperti manisan jahe serta bumbu China, minyak wijen, dan saus. Tak terlupa ditaburi kacang tanah yang dicincang.

Isian sebenarnya beragam. Namun ada cara unik saat memakannya. Setelah semua bahan ditempatkan dalam wadah piring besar, Yi Shang kemudian diangkat tinggi-tinggi menggunakan sumpit sebagai pertanda nasib baik di tahun baru.

Umumnya, Yi Shang dihidangkan di rumah dan dimakan bersama-sama anggota keluarga. Namun, sekarang sudah banyak restoran yang menyajikan menu Yi Shang untuk merayakan Imlek di luar rumah.

Tertarik mencoba Yi Shang? Ajak keluarga atau kerabat ke beberapa restoran di Jakarta berikut ini. Jangan khawatir mengenai cara memakannya, nanti akan ada pelayan yang membantu Anda.

Tien Chao. Restoran ini berada di Hotel Gran Melia Jakarta. Yi Shang yang disajikan hadir dalam tiga pilihan yaitu Yi Shang autentik, Yi Shang dengan saus red wine honey, dan Yi Shang ala Thai. Harga yang ditawarkan Rp 298.000 (++) per porsi untuk tiga orang.

Adapula tiga pilihan set menu lengkap dengan Yi Shang sebagai hidangan pembuka makan malam. Set menu bisa diperoleh dengan harga mulai dari Rp 688.000 (++). Hidangan ini bisa dinikmati mulai tanggal 31 Januari hingga 28  Februari 2014.

Teratai Chinese Restaurant. Restoran yang berada di Hotel Borobudur Jakarta menawarkan Yi Shang mulai dari tanggal 30 Januari sampai 14 Februari 2014. Yi Shang tersedia untuk makan siang dan makan malam.

Untuk menu Yi Shang salmon salad tradisional, tersedia 3 pilihan ukuran. Mulai dari ukuran kecil seharga Rp 268.000 (++), ukuran sedang Rp 408.000 (++), dan ukuran besar seharga Rp 538.000 (++).

Xin Hwa. Restoran yang berada di hotel Mandarin Oriental Jakarta menawarkan tiga set menu dari tanggal 16 Januari hingga 14 Februari 2014.

Yi Shang sebagai hidangan pembuka akan mendapatkan sentuhan khas di saus XO yang merupakan hasil karya Executive Chinese Chef dari Mandarin Oriental, Chef Jeff Lee. Harga set menu mulai dari Rp 688.000 (++) per orang.

C’s Steak & Seafood Restaurant. Restoran ini terletak di Grand Hyatt Jakarta dan menyajikan hidangan tradisional Yi Shang. Yi Shang bisa dinikmati pada tanggal 30 Januari 2014. Tamu juga disuguhi hiburan tradisional Tiongkok di area grand lobby.

Alila Hotel Jakarta. Hotel ini menawarkan set menu mulai dari 30 Januari sampai 14 Februari 2014. Set menu ditawarkan mulai dari harga Rp 230.000 (++) per orang dengan minimun order 4 orang untuk setiap paket.

Set menu berupa Nian Gao, Yi Shang, sup, 6 macam makanan utama, dan diakhiri makanan penutup. Untuk minuman, tamu disediakan aneka pilihan teh khas China. Set menu tersedia mulai dari tanggal 30 Januari sampai 14 Februari 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com