Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Museum Geologi Bandung Meningkat

Kompas.com - 28/01/2014, 14:41 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Tingkat kunjungan ke Museum Geologi Bandung di Jawa Barat dari kelompok masyarakat umum mengalami peningkatan secara berarti pada tahun 2013 dan meningkat pula pada awal 2014 ini.

"Mayoritas kunjungan ke Museum Geologi selama ini memang dari rombongan pelajar. Akan tetapi kunjungan dari masyarakat umum tahun 2013 mengalami peningkatan," kata Danang, Staf Pelayanan Publik Museum Geologi di Bandung, Selasa (28/1/2014).

Ia menyebutkan, pada awal tahun 2014, Museum Geologi mengalami peningkatan pengunjung. Setiap hari Museum Geologi ini kedatangan 1.000 hingga 2.000 orang pengunjung.

Selain peningkatan pengunjung dari kalangan pelajar, tingkat kunjungan dari masyarakat umum juga naik, antara lain dari komunitas, lingkungan dan kelompok masyarakat lainnya.

"Pengunjung museum ini biasanya meningkat pada saat liburan sekolah, Lebaran, dan akhir tahun seperti bulan Desember," katanya.

Menurut data pengelola Museum Geologi, peningkatan pengunjung paling tinggi pada bulan Desember. Pada Desember 2013 pengunjung mencapai 72.905 orang. Peningkatan pengunjung itu berbarengan dengan liburan sekolah. Sedangkan total pengunjung pada tahun 2013 mencapai 512.885 orang.

"Pada saat bulan puncak kunjungan, pihak museum dapat melayani hingga 5.000 orang per hari," katanya.

Danang berharap, peningkatan pengunjung dari masyarakat umum terus konsisten, sehingga masyarakat Bandung sendiri mengalami proses edukasi dengan baik.

"Kalau pengunjung masyarakat umum mereka lebih peduli dengan apa yang mereka terima dari museum karena mereka yang mencari sendiri informasi yang diperlukan," ujarnya.

Peningkatan jumlah pengunjung di Museum Geologi ini berkat program yang dilaksanakan oleh pihak museum.

Museum Geologi secara rutin setiap tahun mengadakan sosialisasi dan pameran di institusi pendidikan, seperti perguruan tinggi dan sekolah-sekolah.

"Kami rutin mengadakan sosialisasi dan pameran, baik dari pihak museum sendiri atau pun bekerja sama dengan pihak lain. Seperti nanti bulan Februari diundang untuk pameran di ITB," kata pria berkacamata itu.

Tidak hanya dari wilayah Bandung, Museum Geologi seringkali kedatangan pengunjung dari luar kota.

Danang menambahkan, pengunjung museum rata-rata dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com