Kompas.com - 29/01/2014, 12:06 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu memperkirakan momentum Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 31 Januari 2014 akan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan di awal tahun.

"Dari tahun ke tahun, saat Imlek banyak pola perjalanan masyarakat Tiongkok, Hongkong, Taiwan, Singapura, dan Malaysia ke sejumlah obyek wisata di Indonesia," kata Mari Elka Pangestu di Jakarta, Senin (27/1/2014).

Mari mengatakan, di beberapa negara, Tahun Baru Imlek menjadi momentum berlibur yang sangat penting di mana rata-rata mereka memiliki masa libur panjang hingga sepekan.

Menparekraf mencontohkan, indikasi adanya pergerakan wisatawan ke Indonesia tampak dari sejumlah penerbangan yang melaporkan telah habis kursi alias fully booked sampai sepekan setelah Imlek.

KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUM Jalan menuju pagoda sembilan lantai di kompleks Kelenteng Hok Cing Bio di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/1/2014), sudah mulai dihiasi lampion.
Salah satu maskapai penerbangan Hainan Air misalnya yang baru saja membuka rute ke Indonesia dari Beijing juga melaporkan telah penuh sampai sepekan setelah Imlek.

"Imlek menjadi salah satu peak season di beberapa obyek wisata misalnya Batam, Bintan, dan Bali," katanya.

Menurut Mari, Kemenparekraf optimistis tahun 2014 jumlah kunjungan wisatawan akan berkisar 9,2 juta hingga 9,4 juta orang meskipun tahun politik dinilai bukan tahun yang mudah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.