Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf: Imlek Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Kompas.com - 29/01/2014, 12:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu memperkirakan momentum Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 31 Januari 2014 akan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan di awal tahun.

"Dari tahun ke tahun, saat Imlek banyak pola perjalanan masyarakat Tiongkok, Hongkong, Taiwan, Singapura, dan Malaysia ke sejumlah obyek wisata di Indonesia," kata Mari Elka Pangestu di Jakarta, Senin (27/1/2014).

Mari mengatakan, di beberapa negara, Tahun Baru Imlek menjadi momentum berlibur yang sangat penting di mana rata-rata mereka memiliki masa libur panjang hingga sepekan.

Menparekraf mencontohkan, indikasi adanya pergerakan wisatawan ke Indonesia tampak dari sejumlah penerbangan yang melaporkan telah habis kursi alias fully booked sampai sepekan setelah Imlek.

KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUM Jalan menuju pagoda sembilan lantai di kompleks Kelenteng Hok Cing Bio di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/1/2014), sudah mulai dihiasi lampion.
Salah satu maskapai penerbangan Hainan Air misalnya yang baru saja membuka rute ke Indonesia dari Beijing juga melaporkan telah penuh sampai sepekan setelah Imlek.

"Imlek menjadi salah satu peak season di beberapa obyek wisata misalnya Batam, Bintan, dan Bali," katanya.

Menurut Mari, Kemenparekraf optimistis tahun 2014 jumlah kunjungan wisatawan akan berkisar 9,2 juta hingga 9,4 juta orang meskipun tahun politik dinilai bukan tahun yang mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com