Kompas.com - 29/01/2014, 15:54 WIB
EditorI Made Asdhiana
SALAH satu hal menarik di Eropa adalah gedung-gedung kuno yang terpelihara dan masih digunakan hingga kini. Meskipun Eropa melahirkan banyak unsur modern, kota-kota lama tetap hidup dan menjadi daya tarik pariwisata. Ini termasuk di Jerman yang memiliki beberapa kota dengan jejak sejarah ratusan tahun.

Ketika berkunjung ke Cologne atau Koln, Jerman, pertengahan November 2013 lalu, udara dingin menyapa meskipun matahari bersinar terang. Pada musim gugur itu, suhu berkisar 4-9 derajat Celsius. Belum membekukan, tetapi pada malam hari atau ketika angin bertiup, temperatur terasa semakin dingin.

Meskipun cuaca sering berubah dari cerah menjadi hujan atau berkabut, Koln tetap menarik. Turis dari seluruh dunia terus mengalir ke kota di tepian Sungai Rhine ini. Tujuan utama wisatawan adalah mendatangi kawasan kota lama dengan tengara kota, Katedral Koln di Kolner Dom.

Gereja indah ini oleh UNESCO ditetapkan sebagai salah satu bangunan warisan dunia. Bahkan, gereja ini disebut sebagai katedral berarsitektur Gotik terindah. Setiap tahun tercatat 6 juta wisatawan datang ke Katedral sehingga bangunan ini tercatat sebagai gedung dengan arsitektur khas yang memiliki pengunjung terbanyak di Jerman.

Pembangunan katedral ini dimulai pada tahun 1248 dan terhenti pada tahun 1473 dalam kondisi belum selesai sepenuhnya. Baru pada abad ke-19, yakni tahun 1880, bangunan ini rampung dikerjakan. Bangunan ini berukuran panjang 144,5 meter, lebar 86,5 meter, dan tinggi menara 157 meter.

KOMPAS/IDA SETYORINI Taman Jepang di dekat Pabrik Bayer AG di Leverkusen.
Di dunia maya pun Katedral Koln terpilih sebagai tempat lokasi wisata pilihan untuk kategori tengara kota versi Travellers’ Choice Award 2013. Dalam setahun terakhir, para pelancong di seluruh dunia mengunggah 2.059 ulasan, sebanyak 1.566 karya foto tentang gereja ini.

Museum

Di sebelah Katedral Koln ada Museum Romano-Germanic yang memajang karya seni dan arsitektur masa lampau kota. Di depannya terdapat lapangan luas, yang menjelang Natal dihiasi dengan pohon natal besar.

Selain museum ini, Koln juga memiliki beberapa museum terkenal lainnya, seperti Museum Ludwig yang menyimpan berbagai koleksi karya seni modern Eropa, termasuk lukisan karya Picasso, dan Museum Schnutgen yang menyimpan benda-benda religi.

Sekitar 1 kilometer dari katedral terdapat Museum Olahraga dan Museum Coklat. Letak kedua museum ini berdampingan. Di Museum Olahraga, pengunjung dapat melihat aneka memorabilia terkait prestasi atlet-atlet Jerman di arena olimpiade dan kejuaraan dunia dari masa ke masa. Di sini juga ada cetak kaki para atlet ternama, seperti pesepak bola asal Brasil, Pele, dan pesepak bola Franz Beckenbauer. Di pintu depan, mobil balap Formula 1 putih biru berikut foto raksasa pebalap Michael Schumacher menyambut pengunjung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.