Kompas.com - 29/01/2014, 16:44 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Musim liburan tahun baru memang baru saja berlalu tetapi kini saat yang tepat untuk mulai memikirkan tujuan liburan yang akan datang. Menurut situs pencarian perjalanan global, Skyscanner, bulan depan adalah waktu yang tepat bagi traveler Indonesia menyiapkan koper dan bersiap menuju tempat liburan impian mereka.

Panduan online terbaru dari Skyscanner "Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat" (Best Time To Book) menunjukkan bahwa Februari adalah bulan terbaik untuk mendapatkan penawaran perjalanan udara paling menarik, sementara bulan Agustus adalah waktu yang paling mahal untuk membeli tiket pesawat.

Para pelancong juga sebaiknya mempertimbangkan untuk memesan tiket beberapa bulan sebelumnya agar dapat menghemat biaya sebanyak mungkin. Dengan memesan 20 minggu sebelumnya, para pelancong dapat menghemat sampai dengan 21 persen dari harga tiket penerbangan.

Di antara penerbangan yang lain, penerbangan ke Hongkong merupakan salah satu penerbangan yang paling besar peluang menghemat biaya jika Anda memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya.

KOMPAS/ARIS PRASETYO Suasana altar utama di Hongkong Heritage Museum dengan patung Bruce Lee setinggi 3,5 meter, Kamis (5/12/2013), di Hongkong. Sejak 20 Juli 2013, museum tersebut menampilkan lebih dari 600 benda koleksi milik Bruce Lee untuk mengenang 40 tahun wafatnya sang legenda kung fu kebanggaan warga Hongkong tersebut.
Menurut "Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat", traveler Indonesia dapat menemukan penerbangan paling murah untuk destinasi impian mereka jika memesan tiket pada waktu yang tepat. Anda dapat menghemat sekitar 20 persen untuk tiket penerbangan ke Belanda jika memesan tiket kurang lebih 17 minggu sebelumnya; 25 persen lebih hemat ke Amerika Serikat jika pemesanan sekitar 16 minggu sebelumnya; 28 persen untuk Inggris apabila memesan tiket 19 minggu sebelumnya; 19  persen untuk Australia jika pemesanan dilakukan 7 minggu sebelumnya; dan Anda dapat menghemat  sekitar 45 persen dari biaya penerbangan ke Hongkong jika memesan tiket 19 minggu sebelumnya.

Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia, Tika Larasati, mengatakan "Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat" dari Skyscanner dapat membantu traveler Indonesia untuk memperoleh harga tiket pesawat termurah, baik untuk pergi ke destinasi populer di musim liburan atau sekadar melakukan perjalanan singkat yang dadakan.

"Panduan tips travel seperti ini akan semakin berguna sekarang ini karena semakin banyak orang Indonesia yang mulai lebih sering traveling domestik maupun luar negeri," kata Tika.

Menurut prediksi Skyscanner untuk tahun 2014, dari data yang diperoleh melalui lebih dari 60 juta pencarian penerbangan dalam satu bulan, keinginan untuk bepergian ke Hongkong menjadi kota tujuan internasional nomor satu bagi orang Indonesia, sedangkan Paris dan Jeddah adalah yang kedua dan ketiga.

KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA Wisatawan bersiap naik perahu motor di sungai Colorado
Pada tahun 2013, wisatawan Indonesia memilih Australia, Thailand dan Singapura sebagai destinasi paling populer.

Ada beberapa hal penting yang harus diingat untuk mendapatkan harga terhemat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.