Kompas.com - 30/01/2014, 11:20 WIB
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali mengungkapkan tingkat hunian kamar hotel di sejumlah kawasan wisata daerah itu melonjak signifikan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2565.

"Periode Januari merupakan waktu dengan tingkat yang rendah untuk okupansinya tetapi dengan adanya momentum Imlek, tingkat hunian cukup terdongkrak sekitar 10 persen," kata Ketua GIPI Bali, Ida Bagus Ngurah Wijaya di Denpasar, Rabu (29/1/2014).

Dia mengungkapkan untuk hunian kamar beberapa hotel di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, misalnya mencapai sekitar 70 persen, angka yang cukup baik mengingat periode Januari biasanya merupakan "low season".

Sementara itu tingkat hunian hotel di kawasan wisata Sanur, Denpasar, juga menunjukkan peningkatan.

Direktur Sales and Marketing Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Made Sumarta menyatakan menjelang perayaan Imlek, tingkat hunian melonjak sekitar 10 hingga 20 persen jika dibandingkan hari-hari biasa.

Pihaknya memperkirakan setelah perayaan Imlek, tingkat hunian kamar hotel akan mencapai hingga 85 persen.

"Okupansi bulan Januari lebih bagus dibandingkan tahun lalu karena perayaan Imlek berlangsung bulan ini. Imlek tahun ini mendongkrak hingga 70 persen sedangkan tahun lalu hanya sekitar 50 persen," katanya.

Momentum Imlek juga dimanfaatkan pengelola hotel untuk memberikan paket makan malam merayakan Imlek yang mulai diberlakukan pada 27 Januari hingga 6 Februari 2014.

Menurut Made Sumarta, sebagian besar turis yang menginap maupun memesan kamar di hotel tertinggi di Bali itu berasal dari Asia dan mayoritas dari China.

Pada perayaan Imlek, sebagian besar warga negara China dan keturunan Tionghoa lainnya biasanya memiliki masa libur yang panjang. Mereka bepergian keluar negeri dan salah satunya ke Bali untuk menghabiskan libur panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.