Kompas.com - 02/02/2014, 16:26 WIB
Ramon Y Tungka menggunakan kapal perintis Meliku Nusa menuju Pulau Miangas, Sulawesi Utara. ARSIP KOMPAS TVRamon Y Tungka menggunakan kapal perintis Meliku Nusa menuju Pulau Miangas, Sulawesi Utara.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Episode 17 program 100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI) menuju Pulau Miangas, Sulawesi Utara yang merupakan pulau terdepan dari gugus Kepulauan Nusantara. Untuk menuju ke sana, tim yang dipandu Ramon Y Tungka menggunakan kapal perintis Meliku Nusa.

"Kapal ini adalah salah satu dari 3 kapal perintis yang melayani rute dari Bitung, Tahuna, Kawaluso, Kawio, Marore, Miangas, Karatung hingga ke tujuan akhir tim di Melonguane," kata salah satu anggota 100 HKI, Tanti Malasari.

Perjalanan menuju Miangas ditempuh selama 3 hari 2 malam. Adapun sebelumnya, tim berasal dari Kepulauan Sangihe. Menurut Tanti, di dalam kapal hanya ada satu pedagang yang menjual makanan ringan, kopi dan rokok. "Ramon dan tim 100 HKI sudah cukup puas dengan mie instan dan abon sapi yang jadi perbekalan kami selama di kapal," katanya.

Kapal sempat singgah di Pulau Kawio. Lantaran hari sudah senja dan kapal segera bergegas melanjutkan perjalanan, Ramon tak sempat melihat-lihat isi pulau ini. Hingga pada malam hari kapal kembali bersandar di Pulau Marore.

ARSIP KOMPAS TV Ramon dan tim 100 HKI sudah cukup puas dengan mie instant dan abon sapi di kapal perintis dalam perjalanan menuju Pulau Miangas, Sulawesi Utara.
"Marore bukan beranda paling utara Indonesia namun jaraknya sangat dekat dengan pulau negara tetangga, Filipina. Tak heran di Marore ini terlihat interaksi yang kuat antara masyarakat Marore dan negara Filipina," ujar Tanti.

Perpaduan kedua budaya pun terlihat dari bangunan kantor Imigrasi Republik Filipina yang sempat disinggahi tim. "Tak banyak yang dilihat Ramon dan tim di pulau ini karena hari sudah malam dan kami pun harus segera kembali bergegas ke kapal untuk melanjutkan perjalanan," kata Tanti.

Cerita perjalanan tim menyinggahi pulau-pulau terdepan melalui Kapal Perintis Meliku Nusa dikisahkan pada episode 17 program 100 HKI. Program ditayangkan setiap Rabu pukul 20.00 WIB serta ditayangkan kembali Minggu pukul 14.00. Beberapa kisah lain perjalanan tim pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.