Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Ekonomi Kreatif Yogyakarta Perlu Dicontoh

Kompas.com - 03/02/2014, 14:26 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu berdiskusi bersama sejumlah komunitas ekonomi kreatif Yogyakarta di Yogyatorium PT Aseli Dagadu Djogja, Sabtu (1/2/2014) malam.

Mari Elka Pangestu yang didampingi pejabat kementerian dan Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tazbir mendengarkan pemaparan dan gambaran kegiatan dari sejumlah komunitas ekonomi kreatif Yogyakarta.

Setelah mendengarkan pemaparan itu, Menparekraf mengatakan sejumlah komunitas ekonomi kreatif termasuk Dagadu Djogja merupakan kegiatan ekonomi yang perlu dicontoh untuk pengembangan ekonomi kreatif daerah lain.

"Harusnya kita belajar dari komunitas Yogyakarta, saya sangat apresiasi terhadap apa yang disampaikan masing-masing komunitas, harapan saya Yogya dengan ekonomi kreatifnya ini bisa terus tumbuh," katanya.

Mari menyatakan akan terus mendorong kegiatan ekonomi kreatif oleh suatu komunitas di Indonesia termasuk di Yogyakarta, dengan harapan mereka bisa saling berorganisasi dan memahami masing-masing ekspresinya.

"Orang-orang kreatif sering kali eksis sendiri, akan tetapi setelah ketemu dengan orang kreatif yang lain dan berkolaborasi dengan beberapa pihak, ternyata hasilnya luar biasa," katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Mari, tumbuhnya kreativitas juga harus diimbangi dengan bagaimana interaksi dan kolaborasi antar-komunitas kreatif lainnya sehingga bisa menciptakan ruang kreatif dan kegiatannya terus berkembang.

Menurut Mari, di Indonesia terdapat semacam link sebagai wadah berinteraksi antar-sesama komunitas ekonomi kreatif, tetapi perlu juga bertatap muka langsung dengan para komunitas untuk saling diskusi.

"Berinteraksi di dunia maya (internet) ternyata sangat berbeda dengan face to face, karena kita bisa saling berkolaborasi, banyak cara yang bisa dilakukan apakah itu workshop, seminar," katanya.

Berbagai komunitas ekonomi kreatif yang turut serta dalam diskusi bersama Menparekraf dalam memperingati PT Dagadu Djogja ke-20 tahun itu, di antaranya komunitas animasi, komunitas fotografi, radio komunitas, serta komunitas seni dan budaya.

"Yogya memang gudangnya orang kreatif sehingga Bu Menteri ingin bertemu dengan komunitas kreatif di Yogyakarta," kata Tazbir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com