Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Destinasi Favorit Wisatawan China

Kompas.com - 04/02/2014, 14:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Bali menjadi salah satu dari 10 tujuan wisata dunia terfavorit wisatawan China, selain Australia, Cape Town, Edinburgh, Hawaii, Madrid, Mesir, Niagara Falls, Paris, dan Swiss. Demikian hasil polling Beijing People's Broadcasting 2011.

"Wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia sebagian besar memang memilih Bali sebagai tempat favorit berlibur mereka," kata Sekretaris Ditjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) I Gusti Ngurah Putra di Jakarta, Minggu (2/2/2014).

Menanggapi hasil polling People's Broadcasting 2011 itu, Kemenparekraf bertekad meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari China melalui peningkatan aksesibilitas antara Indonesia dan China.

Ngurah Putra mengatakan bahwa sampai sejauh ini China merupakan pasar utama pariwisata Indonesia yang setiap tahun memberikan kontribusi relatif cukup besar terhadap kunjungan wisman ke Indonesia.

"Tahun 2013 dari jumlah kunjungan wisman ke Indonesia sebesar 8,7 juta kontribusi China sekitar 800.000 wisatawan. Sedangkan tahun 2014 pemerintah menargetkan kunjungan 9,2 juta wisman diharapkan kontribusi China sebesar 970.000 atau meningkat sekitar 170.000 wisatawan," katanya.

Kemenparekraf memantau wisatawan China berlibur ke Indonesia umumnya memilih pada liburan panjang seperti hari raya Imlek. Wisatawan China rata-rata memiliki lama tinggal sekitar 4-5 hari dengan pengeluran sekitar 100-110 dollar AS per hari.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu pada bulan November 2013 mengadakan kunjungan ke China dalam rangka mempromosikan program Wonderful Indonesia.

Mari juga melakukan pembicaraan bilateral dengan Pemerintah Provinsi Fujian untuk meningkatan hubungan melalui program sister province (Jawa Tengah-Fujian) dan sister cities (Surabaya-Fuzhou dan Chengzhou-Palembang).

Peningkatan hubungan tersebut diwujudkan, antara lain dengan membuka penerbangan langsung seperti dilakukan Xiamen Air menghubungkan Fuzhou (ibu kota Fujian) dan Jakarta maupun Hainan Airlines dari Beijing ke Bali.

Ngurah Putra menambahkan upaya promosi dan bertambahnya penerbangan langsung tersebut diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan China ke Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com