Kompas.com - 04/02/2014, 15:25 WIB
|
EditorFikria Hidayat
Ke Hongkong Bersama Tigerair Mandala dan Hong Kong Tourism Board (bagian 1)

Oleh: Roderick Adrian Mozes

HONGKONG, KOMPAS.com — Mungkin Anda dan keluarga bisa mulai memilih Hongkong menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Asia. Anda tidak perlu berabe mengurus transit, karena penerbangan langsung menuju Hongkong dengan harga tiket yang cukup terjangkau bisa didapat.

Tigerair Mandala, maskapai tarif terjangkau (low-cost carrier) pertama yang telah membuka penerbangan langsung dari Jakarta, Denpasar dan Surabaya menuju Hongkong. Harga tiket yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Selain itu, Tigerair Mandala juga kerap memberikan promo beli 1 gratis 1 tiket dengan menggunakan kartu kredit.

Kompas.com bersama sejumlah jurnalis berkesempatan menikmati penerbangan langsung Jakarta - Hongkong dan berwisata selama tiga hari di Hongkong.

Penerbangan langsung Jakarta - Hongkong dilayani sekali dalam sehari dengan pesawat Airbus A320. Dari Jakarta pesawat terbang pukul 00.50 WIB dan tiba di Hongkong pukul 06.35 dengan perbedaan waktu lebih cepat satu jam dari Jakarta.

Tiba di Hongkong kami bertemu dengan Fred dari Hongkong Tourism Board (HKTB) yang menjadi pemandu wisata selama berada di Hongkong. Kebetulan di Hongkong sedang dalam nuansa menyambut pergantian tahun baru China atau Imlek, sehingga kali ini paket tur yang ditawarkan HKTB adalah menikmati kemeriahan Imlek selama berada di Hongkong.

KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Pemandangan Kota Hongkong, Jumat (31/1/2014). Hongkong saat ini memiliki populasi sekitar tujuh juta penduduk dan bangunannya didominasi dengan rusun atau apartemen.
Hongkong terbagi dari beberapa pulau. Beberapa pulau utama adalah Lantau tempat Bandara Internasional Hongkong berada, Pulau Hongkong, dan satu pulau besar yang terbagi menjadi dua wilayah yaitu Kowloon dan New Territories. Selain itu ada beberapa pulau kecil, Lamma dan Cheung Chau.

Kali ini kami menginap di kawasan Kowloon. Dari bandara menuju Kowloon dibutuhkan waktu kurang lebih 30 hingga 45 menit menggunakan jalur darat. Jembatan Tsing Ma yang membentang sejauh 2,2 kilometer menjadi penghubung pulau Lantau ke Kowloon.

Selama perjalanan terlihat keindahan laut. Hongkong memiliki luas 1.104 kilometer persegi dengan kontur berbukit. Karena itu, tata kota di Hongkong lebih banyak menjulang ke atas (vertikal) guna menghemat ruang. Jangan heran jika tidak melihat rumah dengan halaman di Hongkong.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.