Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 HKI, dari Painemo hingga Bertemu Rainbow Warrior

Kompas.com - 05/02/2014, 19:54 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berada di Raja Ampat tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi Wayag, gugusan karang yang menjadi ikon. Hal itu pula yang dilakukan oleh tim 100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI) Kompas TV ketika berada di kabupaten yang terkenal dengan taman laut tersebut.

Namun, menurut anggota 100 HKI,  Ignatius Dimas Yulianto, selain Wayag, Raja Ampat juga memiliki kecantikan lain yang ada di Painemo. "Tidak hanya wayag, Raja Ampat juga ada Painemo. Dua jam dari Waisai tim sampai ke Painemo, setelah sampai kita pun harus mendaki lagi sampai puncak," kata Dimas.

Setelah Painemo, Raja Ampat juga masih punya Yen Beser, tempat melihat burung Cendrawasih di alam liar. Saat paling tepat untuk menyaksikan kelincahan burung yang menjadi ikon Papua ini adalah pada pagi hari. "Kami juga berkunjung ke salah satu desa wisata Sawingrai. Dengan sambutan yang meriah dari warga Sawingrai dan diiringi dengan musik dan tarian, kami pun hanyut dalam nyanyian dan tarian," sambung Dimas.

ARSIP KOMPAS TV Ramon Y Tungka di Raja Ampat, Papua.
Dalam perjalanan tersebut, mereka tidak sengaja bertemu dengan kapal Rainbow Warrior 3 yang sedang bersandar. Kapal ini adalah milik organisasi konservasi dunia, Greenpeace. Di Papua, mereka akan merapat selama satu bulan dengan berkampanye '100 persen Indonesia bersama melindungi hutan dan laut kita'.

"Ramon juga berkesempatan naik kapal yang sangat legendaris para pejuang konservasi dunia itu," ucap Dimas.

Cerita perjalanan tim 100 HKI mulai dari mendaki Painemo hingga bertemu kapal Rainbow Warrior 3 akan dikisahkan pada episode ke-18. Program ini ditayangkan setiap Rabu pukul 20.00 WIB di Kompas TV. Sedangkan kumpulan kisah lain perjalanan tim terangkum dalam rubrik travel Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com