Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Langsung Dongkrak Kunjungan Wisman

Kompas.com - 07/02/2014, 11:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan konektivitas penerbangan langsung dari negara sumber wisatawan mancanegara (wisman) ke destinasi unggulan di Indonesia menjadi salah satu tantangan pengembangan pariwisata 2014.

"Tantangan yang dihadapi pariwisata kita ada berbagai macam, salah satunya konektivitas penerbangan langsung dari negara sumber wisman," katanya di Jakarta, Kamis (6/2/2014), dalam acara "Indonesia Tourism Outlook and Challenges 2014".

Menurut Mari, peningkatan konektivitas penerbangan langsung dari negara sumber wisman sangat penting untuk mendongkrak pengembangan pariwisata di Tanah Air.

Hal itu juga, menurut Mari, menjadi salah satu kelemahan daya saing pariwisata Indonesia.

"PR kita yang lain di antaranya infrastruktur yang harus diperbaiki, transportasi dan telekomunikasi, kesehatan dan kebersihan, serta keberlanjutan lingkungan," katanya.

Pihaknya juga mendorong peningkatan kualitas produk pariwisata dengan menambah sarana dan prasarana yang memadai termasuk peningkatan jumlah penerbangan langsung tersebut.

Berdasarkan data World Economic Forum (WEF) daya saing pariwisata Indonesia pada 2013 meningkat menjadi ranking 70 dari 130-an negara di dunia.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Wisatawan asing tiba di Bandara Frans Seda, Maumere, Nusa Tenggara Timur, Jumat (17/5/2013). Wisata alam, rohani dan sejarah menjadi andalan sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur.
Mari mengatakan, nilai lebih Indonesia terletak pada daya saing harga, sumber daya alam, dan prioritas kebijakan pemerintah dalam hal pariwisata. Kemenparekraf melihat sektor pariwisata Indonesia semakin cerah dengan semakin membaiknya sektor tersebut di kawasan ASEAN dan Asia Pasifik.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indonesia dikunjungi 8.802.129 wisman atau tumbuh 9,42 persen selama 2013 dengan perolehan devisa sebesar 10,05 miliar dollar AS.

Menparekraf mengatakan, tingginya capaian target sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) sepanjang tahun 2013 semakin menguatkan bahwa prospek Parekraf yang semakin besar pada 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com