Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Replika Naga Meriahkan Cap Go Meh di Pontianak

Kompas.com - 07/02/2014, 16:19 WIB
PONTIANAK, KOMPAS.com - Sekitar enam replika naga dari berbagai Yayasan Pemadam Kebakaran (YPK) siap memeriahkan Perayaan Cap Go Meh, hari ke-15 Imlek, di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

"Keenam Yayasan Pemadam Kebakaran sudah memastikan akan menurunkan masing-masing satu naga untuk memeriahkan puncak Cap Go Meh di Pontianak," kata Ketua Imlek dan Cap Go Meh Pontianak tahun 2014 Zufri Sjukur, Sabtu (1/2/2014) lalu.

Zufri menjelaskan, puncak perayaan Cap Go Meh di Pontianak pada Jumat (14/2/2014) mendatang, selain dimeriahkan oleh atraksi replika naga, juga akan dimeriahkan oleh berbagai atraksi seni dan budaya nusantara dari berbagai etnis yang ada di Kalbar.

Perpaduan atraksi naga dan gelar seni dan budaya nusantara, sebagai simbol kerukunan etnis di Kota Pontianak dan Kalbar umumnya, karena perayaan Imlek dan Cap Go Meh milik semua etnis tidak hanya milik warga Tionghoa.

"Keenam YPK yang menurunkan replika naganya, yakni YPK Merdeka, YPK BPAS Siantan, YPK Panca Bhakti, YPK Budi Pekerti, YPK Khatulistiwa, dan YPK Siaga," ungkapnya.

Menurut Zufri, atraksi naga dalam meliuk-liukkan tubuhnya yang dimainkan oleh puluhan warga Tionghoa itu dipercaya sebagai ritual bersih-bersih terhadap pengaruh roh jahat di kota Pontianak dan sekitarnya.

"Pusat Perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni di Jalan Diponegoro. Kami juga akan menggelar berbagai acara kesenian multietnis, pameran kebudayaan, dan kuliner," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pontianak, Hilfira Hamid berharap perayaan Cap Go Meh tahun ini bermanfaat bagi iklim pariwisata dan membawa keberkahan bagi masyarakat Tionghoa dan masyarakat Kota Pontianak umumnya.

Hilfira mengemukakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pontianak hanya memberikan dukungan dan memfasilitasinya saja. "Kegiatan tersebut sepenuhnya dikelola oleh Yayasan Bhakti Suci (YBS) Pontianak sama seperti tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Saat ini, tambah Hilfira, pihak panitia sudah memasang sekitar 7.000 buah lampion di sepanjang Jalan Gajahmada dan Tanjungpura sehingga kawasan pecinan itu tampak semarak dengan kehadiran lampion tersebut. (Tribun Pontianak)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com