Kompas.com - 07/02/2014, 16:44 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Etihad Airways, maskapai penerbangan nasional Uni Emirat Arab, dan Garuda Indonesia telah memperluas kemitraan codeshare mereka ke dua tujuan domestik baru di Indonesia.

Etihad Airways sekarang memiliki kode EY di penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta ke Padang di wilayah Sumatra, dan Solo di Jawa Tengah.

Layanan tersebut menghubungkan 20 penerbangan codeshare kedua maskapai antara Jakarta dan Abu Dhabi, sehingga para tamu dapat melakukan penerbangan dengan mulus dari Padang dan Solo dan menuju jaringan global Etihad Airways.

Penerbangan codeshare terbaru ini dilakukan seiring dengan peningkatan layanan Etihad Airways dari penerbangan harian menjadi penerbangan harian ganda antara Jakarta dan Abu Dhabi, sehingga jumlah rute penerbangan codeshare antara Etihad Airways dan Garuda Indonesia menjadi tujuh wilayah domestik di Indonesia.

James Hogan, President dan Chief Executive Officer Etihad Airways mengatakan perluasan codeshare dengan Garuda Indonesia menunjukkan efektivitas strategi kerja sama maskapai.

"Sejak penandatanganan perjanjian pada bulan Oktober 2012, kerja sama codeshare dengan Garuda Indonesia telah menghasilkan keuntungan yang signifikan bagi kedua maskapai, baik dalam hal pendapatan dan jaringan yang ditawarkan," kata James Hogan dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (6/2/2014).

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Pramugari Garuda Indonesia melayani penumpang yang mengikuti inaugural flight pesawat terbarunya Bombardier CRJ1000 NextGen dari Makassar tujuan Jakarta, Jumat (12/10/2012). Pesawat pertama dari 18 yang dipesan tersebut nantinya akan melayani penerbangan dari HUB Makassar ke beberapa kota di Indonesia Timur di antaranya Ternate, Mataram, Kendari, Surabaya, dan Bali.
"Penambahan dua tujuan codeshare baru di jaringan domestik Garuda Indonesia memberikan akses yang belum pernah ada sebelumnya ke lebih dari enam juta wisatawan Indonesia yang potensial dan membuat kami dapat menawarkan pengalaman kelas terbaik kami ke para wisatawan dari Indonesia," sambungnya.

Etihad Airways memiliki kerja sama codeshare di penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta ke 12 wilayah tujuan, tujuh rute domestik ke Denpasar, Surabaya, Manado, Makassar, Balikpapan, Padang dan Solo, serta lima rute internasional ke Abu Dhabi, Amsterdam, Singapura, Hong Kong dan Perth. Garuda Indonesia memiliki kerja sama codeshare di penerbangan Etihad Airways ke 18 wilayah tujuan di Eropa, Amerika, Timur Tengah dan Afrika. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.