Kompas.com - 09/02/2014, 10:24 WIB
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Cap Go Meh Singkawang di Kalimantan Barat adalah agenda budaya kolosal yang dihadiri oleh 600 tatung (dukun) dari seluruh pelosok Nusantara, bahkan sebagian diantaranya datang dari negara tetangga untuk meramaikan acara ini.

Kota Singkawang yang kecil dengan adanya agenda budaya ini mendadak penuh dan bagi para turis dan fotografer yang ingin menyaksikan acara ini. Akibatnya bagi para fotografer pergerakan menjadi kurang maksimal karena sangat ramainya pengunjung.

Banyak teman dan fotografer yang sudah datang jauh-jauh mengeluhkan pada saat tiba di Singkawang karena susah mengambil momen pada saat perayaan berlangsung dan juga gerak yang tidak bebas.

Nah, di bawah ini diberikan tips untuk memotret Festival Cap Go Meh di Singkawang untuk mendapatkan momen terbaik.

1. Mempersiapkan akomodasi dan informasi tentang Festival Cap Go Meh jauh-jauh hari sebelumnya.

2. Tidak terpaku pada atraksi utama dan pawai saja karena ada banyak momen bagus selama festival berlangsung.

BARRY KUSUMA Perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat tahun 2012.
3. Saat akan berlangsungnya festival, suasana sangat ramai. Kita pun sulit mendapatkan foto. Solusinya, pergilah ke tempat di mana festival ini dimulai, yaitu gelanggang olah raga yang tidak jauh dari tengah kota.

4. Suasana saat persiapan festival menarik untuk difoto. Saat persiapan inilah, mereka tampak natural.

5. Agar mendapatkan foto yang bagus, kita sebaiknya tidak terlalu terpaku ke satu tempat saja. Ikuti insting kita untuk menemukan lokasi yang bagus.

6. Sempatkan diri untuk datang ke Singkawang dua atau tiga hari sebelum hari H untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.